Camat Denbar Terus Berangus TPS ‘Liar’

foto: istimewa


REDAKSIBALI.COM-DENPASAR. Camat Denpasar Barat, AAN Made Wijaya terus memerangi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar di wilayahnya. Seperti Jumat, (26/1) ia kembali menertibkan sejumlah TPS liar yang ada di seputaran jalan Malboro dan Mahendradatta. Dalam membersihkan TPS liar tersebut juga mengerahkan mobil pengangkut sampah untuk membersihkan TPS yang sampai ke badan jalan dan lahan-lahan kosong. 

AAN Made Wijaya  yang didampingi Kasi Trantib dan Kebersihan Kecamatan Denpasar Barat, I Gusti Ketut Arya Wirawan mengakui masih banyak TPS liar diwilayah Kecamatan Denpasar Barat akibat dari kurang sadarnya masyarakat untuk turut menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah sembarangan. Terlebih lagi di seputaran jalan Malboro dan jalan Mahendradatta banyak terdapat lahan kosong yang sering dijadikan tempat pembuangan sampah. Untuk itu pihaknya telah sering melakukan sosialisasi keberishan dengan menyasar desa/lurah termasuk juga banjar dan lingkungan. “Yang terpenting sekarang ini bagaimana menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan bersih,” ujar Wijaya.

Untuk itu, lanjutnya, gerakan kebersihan tiap banjar akan terus berlangsung bukan pada hari Jumat saja, namun juga hari Sabtu dan Minggu. Menurut Wijaya, mengubah perilaku masyarakat untuk membiasakan hidup bersih memerlukan proses yang cukup lama. Wijaya mengaku tetap melaksanakan gerakan kebersihan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat sehingga benar-benar sadar akan pentingnya kebersihan. Disamping itu, bagi masyarakat yang diketahui membuang sampah di TPS liar pihaknya akan langsung mengenakan sanksi berdasarkan hasil sidak.

Dalam kesempatan tersebut, Wijaya juga menambahkan wilayah Denpasar Barat yang luas menyebabkan banyaknya penduduk pendatang yang tinggal di wilayahnya. Tingginya penduduk pendatang menjadi salah satu penyebab permasalah sampah. Untuk itu, pihaknya dengan Lurah/Desa dan lingkungan diwilayah Denbar terus melakukan penertiban terhadap penduduk pendatang. “Saya harapkan masyarakat lebih selektif dalam menerima penduduk pendatang. Kita tidak menolak penduduk pendatang, namun penduduk pendatang harus memenuhi administrasi kependudukan dan peduli terhadapat kebersihan lingkungan,” harapnya.

Kasi Trantib dan Kebersihan Kecamatan Denpasar Barat I Gusti Ketut Arya Wirawan menambahkan untuk menertibkan TPS liar pihaknya telah menyisir sepanjang jalan Malboro dan jalan Mahendradatta. Mengingat daerah ini paling sering dijadikan tempat TPS bagi masyarakat terutama pada lahan-lahan yang kosong. “Kami terus berupaya untuk menertibkan TPS liar. Bahkan memasang pagar agar masyarakat tidak membuang sampah,” ujarnya. Dengan melakukan upaya tersebut diharapkan masyarakat semakin sadar untuk tidak menjadikan lahan kosong sebagai TPS.  (dik)
Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya