5 Program Unggulan Pemkot Denpasar untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Plt. Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara (kanan) bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede memukul rindik sebagai tanda dibukanya Gelar Inovasi Pelayanan Publik 2018 Kota Denpasar


REDAKSIBALI.COM. Pemerintah Kota Denpasar terus berupaya meningkatkan kualitas layanan publik. Bertepatan dengan HUT ke-230, Pemkot Denpasar melaksanakan Gelar Inovasi Pelayanan Publik di seputaran Lapangan Lumintang, Denpasar.

Plt. Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara memaparkan, Pemkot Denpasar terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selama ini dengan adanya kemajuan zaman demi peningkatan kualitas pelayanan, Pemkot Denpasar telah mengedepankan lima program unggulan. Tujuannya, mensinergikan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks.

Program unggulan tersebut, lanjut Jaya Negara, pertama dengan mengedepankan infrastruktur dasar berupa pendidikan, kesehatan, dan pendapatan masyarakat. Kedua, dengan meningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM) agar masyarakat dapat bersaing di zaman milenial. Selanjutnya dengan pemberdayaan ekonomi kreatif seperti pasar dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sehingga dapat menumbuhkan ekonomi. Keempat, dengan pelestarian budaya seperti seni adat untuk pariwisata dan yang terakhir dengan mewujudkan tata kelola yang baik. "Itulah percepatan yang kita inginkan," terang Jaya Negara.

Jaya Negara berharap, Gelar Inovasi Pelayanan Publik 2018 ini mampu meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah Kota Denpasar terhadap masyarakat. Dirinya juga mengklaim bahwa kegiatan pameran ini juga telah melibatkan partisipasi masyarakat yang memiliki inovasi seperti pemanfaatan bahan bekas. Hanya dirinya masih mengeluhkan sulitnya dalam bidang pemasaran.

Demi menjawab persoalan tersebut, Jaya Negara mengaku telah berkoordinasi dengan DPRD agar nantinya dapat dibuatkan regulasi seperti peraturan daerah (Perda). "Misalnya, setiap hotel berani membeli hasil-hasil kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat seperti tempat bunga, (dan) tempat buah. Sehingga hasil-hasil dari masyarakat yang cinta lingkungan ini memiliki nilai tambah. Pameran ini juga kita ingin memberikan informasi ke masyarakat," terangnya.

Jaya Negara menilai, terobosan dalam pagelaran inovasi publik ini terus ada sesuai dengan spirit Swaka Dharma. "Kita ingin kualitas pelayanan publik terus meningkat," tegasnya. (sui)
Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya