Kapolda Sebut Bali sebagai "The Island of Tollerance"

Kapolda Bali, Petrus Reinhard Golose



REDAKSIBALI.COM. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali, Petrus Reinhard Golose, menyebut pulau dewata sebagai pulau toleransi atau "the island of tollerance". Hal itu disampaikan Kapolda saat memberikan sambutan pelaksanaan Deklarasi Kesepakatan Damai dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali 2018 pada Selasa, (13/02) di Monumen Bajra Sandi, Renon, Denpasar.

Kapolda asal Manado ini mengungkapkan, bahwa selama ini Bali dikenal sebagai pulau yang penuh dengan keberagaman. Sampai saat ini Bali tidak masuk sebagai zona rawan yang perlu perhatian dalam berbagai isu SARA yang muncul di Indonesia. Menurutnya, dalam perhelatan Pilkada serentak ini seharusnya masyarakat tidak hanya mementingkan siapapun yang lahir sebagai pemenang atau siapa yang kalah. "Tapi yang paling penting adalah untuk kemajuan Pulau Dewata, pulau toleransi yang diidamkan oleh seluruh orang yang akan berkunjung dari dalam dan luar negeri," kata Golose.

Berbicara mengenai politik berarti berbicara juga tentang keamanan, lanjutnya. Politik menurut Golose, bermuara dari situasi dinamika kemanan. Dirinya menilai perhelatan pelaksanaan politik saat ini sejatinya bukan hanya sebagai  tempat untuk memperebutkan kursi semata, namun diharapkan Gubernur nantinya mampu memimpin kehidupan masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik.

Pada masa kampanye yang dilaksanakan mulai tanggal 15 mendatang, Kapolda Bali berpesan kepada pasangan calon, parpol pendukung maupun tim sukses untuk berkampanye dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Ia menekankan untuk tidak mempersoalkan berbagai hal mengenai Pancasila, UUD 1945, menggunakan isu sara dan tidak menggunakan tempat ibadah sebagai tempat untuk berkampanye. "Jika hal tersebut dilakukan maka akan berpotensi untuk menimbulkan kerawanan yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada serta menimbulkan konflik sosial berkepanjangan," paparnya.

Selain itu, Kapolda juga menginginkan setiap paslon dalam perhelatan Pilgub Bali untuk bersaing secara sehat, sportif dan mengedepankan sikap ksatria. Sikap ksatria ini menurut Golose sebagai sikapnya orang Bali dan nantinya siapapun yang menang adalah representasi dari masyarakat Bali. (sui)
Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya