Plt. Walikota Denpasar Hadiri Pemelaspasan Bale Gede di Tambawu Klod



REDAKSIBALI.COM. Renovasi Bale Gede Banjar Tambawu Klod telah selesai secara keseluruhan. Bertepatan dengan rahina Saniscara Kliwon Wuku Wayang atau Tumpek Wayang, Sabtu, (24/2), krama Banjar Tambawu Klod, Desa Pakraman Tambawu, Denpasar Timur melaksanakan karya melaspas Bale Gede dan Piodalan di Pura Banjar setempat. Upacara ini dihadiri Plt. Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede serta sejumlah tokoh masyarakat dan undangan lainnya. Dalam kesempatan tersebut turut dipentaskan kesenian klasik Gandrung yang merupakan kesenian tua di Desa Pakraman Tambawu.

Plt. Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara mengatakan, Kota Denpasar sebagai kota berwawasan budaya tentu denyut kehidupan masyarakatnya tak pernah lepas dari aktivitas adat, seni dan kebudayaan yang kuat. “Dengan dipelaspasnya Bale Gede di Banjar Tambawu Klod ini diharapkan mampu membawa krama kedalam kesejahteraan dan kebaikan, baik jasmani maupun rohani untuk dapat mendukung pembangunan di Kota Denpasar yang berwawasan budaya,” ujar Jaya Negara. 

Kelian Adat Banjar Tambawu Klod, I Wayan Arta mengatakan, pelaksanaan karya Melaspas Bale Gede dan Piodalan di Pura Banjar Tambawu Klod ini merupakan bentuk wujud syukur kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa atas terselesaikanya bangunan Bale Gede ini. Menurutnya, secara prinsip Bale Gede ini tentu sangat menunjang kelancaran berbagai kegiatan adat yang ada di Banjar Tambawu Klod ini. “Secara garis besar kami sangat bersyukur kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa karena rangkaian upacara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Lebih lanjut Wayan Arta menjelaskan, suksesnya pembangunan Bale Gede ini tak lepas dari peran serta Pemkot Denpasar yang selalu memberikan dukungan demi kelancaran proses pembangunan. “Kami berharap dengan selesainya pembangunan Bale Gede di Banjar Tambawu Klod ini semoga Ida Shang Hyang Widhi Wasa melimpahkan kerahayuan bagi seluruh krama banjar kami,” ungkapnya. (dik)

Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya