Kenali Perkembangan Anak, Posyandu Mandalasari Libatkan Peran Aktif Orang Tua




REDAKSIBALI.COM. Posyandu Mandala Sari, Banjar Mandala Sari, Desa Dangin Puri Kelod, Kecamatan Denpasar Timur secara aktif melibatkan para orang tua balita dan anak untuk memantau perkembangan anak. Selama ini, perkembangan anak mulai sejak dalam kandungan sampai memasuki usia sekolah seringkali para orang tua tidak memperhatikan secara terliti bahkan ketergantungan pada medis. Demikian disampaikan Ketua Posyandu Mandalasari, Ni Made Kasmiati, disela-sela pelaksanaan posyandu, Rabu, (14/3), di banjar setempat.

Disamping itu menurut Kasmiati, pelaksanaan posyandu telah dipadukan dengan pelaksanaan posyandu bina keluarga balita (BKB), PAUD (pendidikan anak usia dini) termasuk juga ada kelas untuk ibu balita. “Semua program inovasi tersebut untuk mengajak orang tua lebih mengenal perkembangan anak. Dengan demikian kami harapkan anak dapat berkembang sesuai dengan umurnya,” ujarnya. Terlebih lagi sekarang ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi terkadang anak dalam perkembangannya sangat dipengaruhi oleh informasi tersebut. Untuk itu keterlibatan orang tua secara aktif dalam memantau perkembangan anak diharapkan dapat mewujudkan masa depan anak yang cemerlang.

Disamping itu dalam mendekatkan orang tua dengan anak juga dilaksanakan program parenting sehingga orang tua dapat mempersiapkan anak untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya. Dengan adanya kegiatan parenting diharapkan para orang tua dapat mengetahui kematangan anak sebelum masuk PAUD.

Lebih lanjut Kasmiati menambahkan, inovasi-inovasi yang dilaksanakan Posyandu Mandalasari sebagai bentuk untuk mewujudkan masyarakat Denpasar sehat mulai sejak dini menjadi perhatian serius dalam pelaksanaan program PKK Kota Denpasar. Kasmiati menambahkan, inovasi posyandu dengan melibatkan orang tua anak secara mandiri dalam mengikuti perkembangan anak. Berbagai langkah yang dilaksanakan para orang tua seperti mengukur lingkar kepala, menimbang berat anak dan mencata perkembangan anak seperti apa yang dilaksanakan dalam posyandu. Dengan demikian setiap pelaksanaan posyandu perkembangan anak benar-benar diketahui. “Dengan keterlibatan para orang tua anak dalam memantau perkembangan anak khususnya balita sangat membantu posyandu dalam memperhatikan perkembangan anak,” ujarnya.

Selama ini pelaksanaan pengukuran lingkar kepala, menimbang berat badan dan mencatat perkembangan anak biasanya hanya dilakukan saat pelaksanaan posyandu. Dengan demikian perkembangan anak baru tahu setelah dilaksanakan posyandu. Dengan keterlibatan orang tua yang rutin, terangnya, melaksanakan penimbangan dan pengukuran perkembangan anak tentunya setiap saat bisa memantau perkembangan anak itu sendiri. Dari inovasi yang telah dilaksanakan telah mengantarkan Posyandu Mandalasari menjadi juara nasional yang dilaksanakan PT Astra. Keberhasilan ini juga menjadikan Posyandu Mandalasari tempat studi banding dari berbagai posyandu.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Denpasar Timur, Ny. Sri Utari Puspawan menambahkan, keberhasilan posyandu Mandalasari tidak terlepas dari bimbingan Ketua TP PKK Kota Denpasar beserta pungurus PKK serta semua pihak yang telah ikut terlibat. Termasuk juga kerjasama yang baik telah dilaksanakan dengan pihak swasta. Ini merupakan bentuk sinergisitas yang baik antara pemerintah, masyarakat dan swasta dalam melaksanakan program PKK yang mengutamakan asas kemanfaatan. “Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran semua pihak termasul dalam melaksanakan inovasi ini,” ujarnya.  (dik)
Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya