Kemenperin Targetkan Industri Tumbuh 5,67 Persen

Logo Kementerian Perindustrian. (Foto: istimewa)


REDAKSIBALI.COM. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan industri tumbuh 5,67 persen. Target tersebut karena melihat kontribusinya terhadap perekonomian nasional sebesar 18,6 persen.

Sekretaris Jenderal Kemenperin, Haris Munandar mengatakan, berdasarkan standar Bank Dunia, seharusnya setiap negara memiliki jumlah pengusaha minimal sebesar 4% dari jumlah penduduk. Jumlah pengusaha Indonesia, baru berjumlah 3,31%. Jumlah ini masih kalah dari negara-negara tetangga di Asia Tenggara, semisal Singapura (7%), Malaysia (5%), dan Thailand (4%).

RPJMN 2015-2019 telah menetapkan target pertumbuhan industri berupa penumbuhan populasi industri sebanyak 9 ribu industri berskala sedang dan besar, serta penumbuhan 20 ribu unit usaha industri kecil. Untuk mencapai target pertumbuhan industri tersebut, Kemenperin akan memaksimalkan kontribusi industri kreatif yang bernilai tambah tinggi.

UU No. 3 tahun 2014 tentang Perindustrian juga mengamanatkan perlunya pembangunan wirausaha industri yang bertujuan untuk menghasilkan wirausaha yang berkarakter dan bermental kewirausahaan dan kompeten sesuai dengan bidang usahanya. Kegiatan pembangunan wirausaha industri dimaksud dapat dilakukan antara lain melalui pelatihan, kemitraan dan inkubator wirausaha atau inkubator industri. (tta)

Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya