Mengenal Gery, Siswa Peraih Nilai UN Tertinggi di Bali yang Idolakan BJ. Habibie

I Kadek Surya Geryandika, siswa SMA Negeri 4 Denpasar peraih nilai UN tertinggi di Bali (Foto: Sui Suadnyana/redaksibali.com)




REDAKSIBALI.COM. Hasil Ujian Nasional (UN) baik UNBK maupun UNKP tingkat SMA/SMK sederajat resmi diumumkan pada hari ini, Kamis, (3/5). Oleh karena itu, telah diketahui nilai yang berhasil didapatkan oleh masing-masing peserta. Nilai jurusan IPA tertinggi se-antero Bali berhasil disabet oleh I Kadek Surya Geryandika. Siswa SMA Negeri 4 Denpasar ini berhasil meraih nilai total sebanyak 387,50 dengan nilai matematika 97,5, Fisika 100, bahasa Indonesia 98, dan bahasa Inggris 92.

Ketika ditemui di sekolahnya usai pengumuman hasil UN, Gery mengaku kaget dan tidak percaya pada awalnya. Tapi di dalam hatinya merasa bangga setelah mengetahui hal tersebut karena bisa membanggakan sekolah dan orang tua.

Remaja kelahiran Denpasar, 14 Januari 2001 ini selama menjelang UN telah melakukan persiapan yang cukup matang dengan belajar secara rutin. Disamping itu, dirinya menceritakan, bahwa di sekolahnya sudah ada program persiapan UN seperti try out. Selain belajar sendiri, Gery juga mengaku sering sharing kepada teman-temannya mengenai mata pelajaran yang akan diujikan. “Tapi sih lebih keseringan belajar sendiri secara rutin,” terang siswa asal Mengwi ini.

Putra dari pasangan I Nyoman Wardika dan Ni Ketut Suarsini ini memang sudah berprestasi sejak dari dulu. Diantaranya pernah menjadi juara 1 pada olimpiade fisika Universitas Udayana (Unud) pada tahun 2016. Bahkan dirinya juga dua kali secara berturut-turut pada tahun 2016 dan 2017 menjadi juara 1 pada olimpiade fisika di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Selain itu, juga pernah menjadi juara 1 pada olimpiade sains tingkat provinsi pada tahun 2016 dan juara 3 tingkat nasional setahun kemudian.

Gery menceritakan, bahwa dirinya memang sangat menyukai fisika dan sudah mulai mengenal mata pelajaran ini ketika duduk di SMP Negeri 4 Denpasar. Memasuki SMA, kesukaannya terhadap fisika ditunjukkan dengan mengikuti klub mata pelajaran bersangkutan di sekolahnya. Menurut Gery, mata pelajaran ini sangatlah menarik dan lebih logis. Logis yang dimaksud Gery yakni misalnya bisa ditunjukkan ketika melihat suatu kejadian tertentu. “Masuk akal-lah,” katanya.

Saat ditanya mengenai kemana pelabuhan dirinya lebih lanjut, anak laki-laki yang beralamat di Jalan Gunung Soputan, Perumahan Puri Taman ini mengaku telah diterima di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung (FTMB ITB). Alasan masuknya ke fakultas penerbangan ini dikarenakan Gery sangat mengidolakan BJ Habibie. “Jadi kayak kagum gitu dan terinsipirasi sama beliau, karena (dia) hebat sama bangga punya hak patennya juga. Buat pesawat gitu lho kayak-nya keren. Rumit juga kan aslinya (buat pesawat), jadi beliau bisa. Kuliah keluar juga terus balik lagi ke Indonesia,” tutur Gery. (sui)



Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya