Peringati Hardiknas, Mangku Pastika: Harus Dikuatkan Pendidikan dan Kebudayaan

Gubernur Bali, Made Mangku Pastika memberikan keterangan kepada awak media usai peringatan Hari Pendidikan Nasional pada Rabu, (2/5) di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar. (Foto: Sui Suadnyana/redaksibali.com)




REDAKSIBALI.COM. Gubernur Bali, Made Mangku Pastika berpesan agar diperkuatnya pendidikan dan dimajukannya kebudayaan di Indonesia dan Bali khususnya. Menurutnya, pendidikan dan kebudayaan sebagai modal utama apabila Indonesia ingin menjadi bangsa yang hebat dan kuat.

Apalagi, menurut Pastika, saat ini sudah terjadi kemajuan teknologi. Salah satunya, dicanangkannya revolusi industri 4.0. "Ini saya kira memberi tantangan bagi kita semua untuk menyiapkan sumberdaya manusia kita dalam rangka menghadapi itu. Kalau tidak, kita akan menjadi bangsa yang pecundang," kata Pastika saat ditemui oleh awak media usai upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Puputan Margarana, Renon, Denpasar, Rabu, (2/5) pagi.

"Kalau kita ingin jadi pemenang tidak ada jalan lain, pendidikan dan kebudayaan harus kita majukan agar semakin kuat," tambahnya.

Selain itu, Pastika mengingatkan bahwa Bali sendiri tidak mempunyai bahan tambang seperti emas, perak, batubara, dan minyak. Bali tidak punya sumberdaya alam tersebut sehingga memang harus bertumpu pada sumberdaya manusianya. Oleh karena itu, dirinya berpesan agar sumberdaya manusia dijadikan sebagai modal utama bagi pembangunan Bali. "Jadi harus macth antara pendidikan, kebudayaan dan perkembangan masa depan," tegas Pastika.

Selain itu, Pastika menghimbau kepada seluruh siswa dari TK sampai perguruan tinggi untuk mempersiapkan diri menghadapi revolusi industri. "Tidak bisa kita berleha-leha terus, lalai (dalam) mempersiapkan diri. Gunakan waktu untuk betul-betul belajar dan memperkuat karakter kita sebagai pemuda dan sebagai bangsa," pintanya.

Pastika juga menyampaikan himbauan kepada para pendidik untuk benar-benar mencurahkan tenaga, dedikasi dan pengabdiannya untuk mencetak atau mewujudkan anak-anak yang tangguh dan cerdas. (sui)

Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya