Ida Bagus Putu Sukarta SE, MSi: The Power of Emak-emak dan Pilar Kebangsaan


Ida Bagus Putu Sukarta, SE, MSi, Anggota MPRRI (pegang mikrofon) saat menjadi narasumber acara
Sosialiasi 4 Pilar Kebangsaan di kalangan ibu-Ibu PKK Banjar Buruan, Desa Sanur Kaja, Denpasar


REDAKSIBALI.COM. "Di media sosial banyak kita jumpai istilah the power of emak-emak. Ini artinya disamping ibu-ibu memiliki peranan yang sangat penting juga memiliki kekuatan yang luar biasa. Diantara sekian banyak peran dan tugas yang ibu-ibu emban , ada satu tugas ibu-ibu yakni mengasuh putra-putri masing-masing. Keberhasilan generasi bangsa dimasa depan sangat dipengaruhi oleh pola asuh yang dimulai sejak dini dirumah tangga. Di sinilah letak peran penting ibu-ibu. Empat Pilar Kebangsaan kita akan tetap kokoh bila ibu-ibu menjadikannya bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Ib-ibu mau memperkenalkan dan menanamkan semangat dan jiwa nasionalisme sejak dini pada putra putri ibu-ibu .” ungkap Ida Bagus Putu Sukarta, SE, MSi, Anggota MPR RI di hadapan ratusan Ibu-ibu PKK saat menjadi narasumber acara sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Banjar Buruan, Desa Sanur Kaja, Denpasar, hari Sabtu (2/6/2018). 

Lebih lanjut Anggota MPR RI asal Bali ini memaparkan ” Kelembutan dan kasih sayang adalah kekuatan yang dimiliki ibu-ibu dalam mendidik putra-putrinya. Bangsa kita juga memiliki empat kekuatan yang menopang keberlangsungan kita berbangsa dan bernegara. Empat kekuatan itu dikenal dengan istilah empat pilar, yang telah menjadi konsensus nasional sejak bangsa ini didirikan. Empat konesesus nasional itu yakni, Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)” 

“Agar nanti putra-putri ibu-ibu tidak salah asuh, informasi terkait emapt pilar kebangsaan yang ibu-ibu berikan kepada putra-putri masing-masing tentu harus tepat’’. Kemudian dihadapan Ibu-ibu PKK yang dengan antusias dan tekun menghikuti acara Sosialiasi Empat Pilar Kebangsaan ini Ida Bagus Putu Sukarta, SE, MSi secara gambang memaparkan 10 makna penting Pancasila. Pancasila sebagai Dasar Negara Banga Indonesia, Pancasila sebagai pandangan hidup, Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai jiwa Bangsa Indonesia, Pancasila merupakan sumber dari segala sumber tertib hukum, Pancasila sebagai kepribadian Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan yang akan dicapai Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai perjanjian luhur, Pancasila sebagai falsafah hidup yang mempersatukan Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai paradigma Pembangunan. 

Ida Bagus Sukarta, SE, MSi menegaskan “Bhineka Tunggal Ika merupakan semboyan negara Indonesia sebagai dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia, dimana kita haruslah dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu hidup saling menghargai antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya tanpa memandang suku bangsa, agama, bahasa, adat istiadat warna kulit dan lain-lain. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau dimana setiap daerah memiliki adat istiadat, bahasa, aturan ,kebiasaan dan lain-lain yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Tanpa adanya kesadaran sikap untuk menjaga Bhinneka Tunggal Ika pastinya akan terjadi berbagai kekacauan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Setiap orang akan hanya mementingkana dirinya sendiri atau daerahnya sendiri tanpa perduli kepentingan bersama. Bila hal tersebut terjadi pastinya negara kita ini akan terpecah belah. Oleh sebab itu marilah kita jaga Bhinneka Tunggal Ika dengan sebaki-baiknya agar persatuan bangsa dan negara Indonesia tetap terjaga. Kita haruslah sadar bahwa menyatukan bangsa ini memerlukan perjuangan yang panjang yang dilakukan oleh para pendahulu kita dalam menyatukan wilayah Republik Indonesia menjadi Negara Kesatuan’’ 

Dalam acara sosialisasi ini, Ida Bagus Putu Sukarta, SE, MSI sebagai narasumber juga memaparkan pengertian , fungsi dan kedudkan Undang-undang Dasar (UUD) 1945 yang dibahas dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti, membuat Ibu-ibu PKK menjadi sangat betah mengikuti acara sosialisasi. 

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Ida Bagus Putu Sukarta, Anggota MPR RI yang dengan cepat telah merespon permohonan kami PKK Banjar Buruan, Desa Sanur Kaja untuk diselenggarakan acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini. Ditengah kesibukan kami sebagai ibu-ibu PKK, kami merasa perlu meningkatkan wawasan kebangsaan agar kami memiliki bekal pengetahuan dalam mendidik putra-putri kami. Setidaknya kami berperan nyata dalam menangkal tumbuh berkembangnya paham radikalisime dan terorisme’ ucap Ida Ayu Putu Widhiastuti Ketua PKK Banjar Buran, Desa Sanur Kaja yang juga sekaligus panitia acara. (GR)
Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya