BASE 2018 :Semangat Muda-Muda Bali Lanjut Kuliah

Talkshow inspiratif yang memberi semangat muda-mudi Bali untuk menempuh pendidikan lanjutan


REDAKSIBALI.COM.  Bali Scholarship Expo (BASE) 2018 yang digelar Selasa (5/6) lalu terselenggara dengan sukses. Helatan hasil kerjasama antara Matgaruda Bali yang merupakan perkumpulan penerima beasiswa LPDP di Bali dengan BEM Universitas Udayana ini dihadiri ratusan pemburu beasiswa baik di dalam dan di luar negeri. Selama berlangsungnya acara pukul 08.00 hingga 16.00, berbagai bentuk kegiatan dilangsungkan dengan satu tu uan utama; memberi semangat bagi para pemuda di Bali untuk melanjutkan pendidikan. 

BASE 2018 dibuka dengan sambutan dari Ida Bagus Mandhara Brasika selaku Ketua Matagaruda Bali. Ia menuturkan mengenai pentingnya menempuh pendidikan lanjutan dan memajukan kualitas pendidikan di negeri sendiri. “Akan ada hari di mana negeri ini tak lagi mengirim putera-puteri terbaiknya untuk belajar ke luar negeri. Akan ada hari di mana merekalah yang belajar ke negeri kita,” paparnya memberi semangat para peserta yang antusias datang untuk menggali informasi seputar beasiswa S1, S2, dan S3. 


Peserta BASE 2018 mengunjungi booth penyedia beasiswa
untuk mendapat info lengkap

BASE 2018 menghadirkan pihak-pihak penyedia beasiswa seperti Bidik Misi, BPR Lestari, KSE, dan BFI untuk beasiswa tingkat S1 sementara S2 dan S3 meliputi LPDP, USAID, Fulbright, British Council, Chevening, Campus France, AAS, TEC, Japan Counsulate, dan Japan Alumni (Persada).Seluruh peserta diperbolehkan mengunjungi booth para penyedia beasiswa tersebut dan dipersilahkan melayangkan pertanyaan apa pun yang berkaitan dengan proses aplikasi beasiswa dan hal-hal terkait lainnya. 

Dalam BASE 2018 digelar pula pula mini-seminar, tryout IELTS, dan gelar wicara (talkshow) yang menghadirkan Dra. Halida Nuriah Hatta, M.A. yang merupakan puteri bungsu dari Bapak Mohammad Hatta dan juga alumni International University of Japan, Ratna Prabandari yang mewakili Drs.Astera Primanto Bhakti, M.Taxselaku Plt. Dirut LPDP yang berhalangan hadir, serta Dr. Ida Bagus P utera Parthama yang merupakan Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. Gelar wicara ini dipandu oleh I Made Andi Arsana, Ph.D , dosen Geodesi dan Geomatika UGM yang juga alumni Wollongong University. 

Ida Bagus Mandhara Brasika selaku Ketua Matagaruda Bali
 menyampaikan sambutan
Yang menarik dari gelar wicara ini adalah tak hanya para pembicara inspiratif dan moderator pengisinya memaparkan dengan jelas tentang pentingnya meningkatkan kualitas diri sendiri dan negeri melalui pendidikan, perihal pemberdayaan perempuan pun dibahas di dalamnya. Ratna Prabandari yang merupakan Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa LPDP menuturkan, banyak miskonsepsi dalam menempuh pendidikan lanjutan terutama bagi kaum perempuan. Menurutnya, banyak yang beranggapan bahwa perempuan tidak perlu menempuh pendidikan tinggi karena nantinya pun hanya akan diam di rumah mengurus anak. Padahal, pendidikan setiap individu sesungguhnya bermula dari rumah sehingga seharusnya para calon ibu diberi semangat dan motivasi agar mau menempuh pendidikan lanjutan.


Melalui BASE 2018, semu pihak berharap bahwa kelak muda-mudi Bali lebih semangat untuk melanjutkan pendidikan, memajukan daerahnya, dan berkontribusi untuk kemajuan negeri. Tahun ini bahkan seleksi LPDP yang merupakan skema beasiswa terbesar di Indonesia digelar di Bali sementara di tahun-tahun sebelumya para pejuang beasiswa dari Bali harus mengikuti seleksi di Surabaya atau Makassar yang paling dekat. Jadi semoga saja muda-mudi Bali tak melewati kesempatan emas ini.***
Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya