Bacaleg Dicoret, Mediasi KPU Bali - NasDem Capai Kesepakatan

Ketua DPW partai NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa didampingi Sekretaris Luh Putu Nopi Seri Jayanti dan Bendahara DPW NasDem Bali IGN Bagus Eka Subagiartha saat memberikan keterangan pers di kantor DPW NasDem Bali.


REDAKSIBALI.COM. DPW partai NasDem Bali dan KPU Bali telah mencapai kesepakatan dalam mediasi yang dilakukan oleh Bawaslu Bali, Senin (20/8/2018). Ini adalah proses mediasi yang kedua, setelah mediasi pertama dilakukan pada 16 Agustus lalu.

Mediasi itu dilakukan setalah DPW partai NasDem Bali mengajukan permohonan penyelesaian sengketa proses Pemilu kepada Bawaslu Bali, menyusul adanya keputusan KPU Bali menggugurkan seluruh Bakal Caleg (Bacaleg) DPRD Bali partai NasDem dari Dapil Buleleng karena tak memenuhi kuota 30 persen perempuan. "Dalam mediasi tadi kita sudah mencapai kesepakatan. Apa yang menjadi permohonan kita sudah disepakati," kata ketua DPW partai NasDem Bali Ida Bagus Oka Gunastawa saat memberikan keterangan pers usai Mediasi di kantor DPW NasDem Bali.

Kesepakatan dalam mediasi itu, kata Gus Oka, memuaskan partai NasDem. Namun demikian, kendati sudah ada kesepakatan, ia belum bisa merinci poin-poin kesepakatan tersebut. Hal itu menjadi ranah Bawaslu Bali untuk menyampaikannya, termasuk mengumumkan secara resmi hasil mediasi tersebut. "Itu ranah Bawaslu Bali untuk mengumumkannya. Nanti Bawaslu menggelar rapat pleno dan membuat SK hasil Mediasi itu. Saat diumumkan akan mengundang kami dan KPU Bali," kata Gus Oka yang didampingi Sekretaris DPW NasDem Bali Luh Putu Nopi Seri Jayanti dan Bendahara DPW NasDem Bali IGN Bagus Eka Subagiartha.

Pada kesempatan itu Gus Oka juga mengatakan, pihaknya menghormati keputusan KPU Bali sebelumnya yang menggurkan Bacaleg NasDem Dapil Buleleng. Bakal Calon anggota DPR RI ini mengaku kesalahan itu ada di pihaknya. Menurut dia, ada kesalahan koordinasi di internal partai NasDem, khususnya dengan partai NasDem Buleleng. "Kami harus akui bahwa ini ada kesalahan koordinasi kami di dalam partai NasDem," ujarnya.

Gus Oka pun menyampaikan terima kasih kepada KPU Bali yang selama ini proaktif melakukan koordinasi dan membuka ruang konsultasi dengan partai NasDem dalam seluruh tahapan pendaftaran Bacaleg. Ia pun meminta maaf atas adanya manuver salah satu kader NasDem yang pernyataannya di media justru memperkeruh proses mediasi. "KPU Bali sudah bekerja dengan baik selama ini. Dan dalam mediasi tadi kita sudah mencapai kesepakatan," pungkas Gus Oka. 

Dikonfirmasi terpisah, Koordinator Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi mengatakan, proses mediasi sudah berjalan dengan baik. Hasilnya akan diumumkan dalam waktu dekat. "Mengenai hasil, mohon ditunggu karena Bawaslu Bali, sesuai ketentuan masih harus mengadakan rapat pleno. Pada prinsipnya sudah dilakukan musyawarah mufakat. Mengenai putusan Bawaslu Bali akan dibacakan dalam waktu dekat," kata Raka Sandi. (Ar)
Share on Google Plus

About redaksibali.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya