KPU Bali Gugurkan Semua Caleg NasDem Dapil Buleleng

REDAKSIBAL,COM –Rapat pleno KPU Bali pada 7 Agustus lalu memutuskan seluruh caleg partai NasDem untuk DPRD Bali Dapil Buleleng dinyatakan gugur karena tak memenuhi syarat (TMS).

Ada 12 orang Caleg Partai NasDem yang didaftarkan ke KPU Bali. Mereka adalah I Made Suparjo, Luh Putu Nopi Seri Jayanti, I Made Teja, Nyoman Mudita, Nyoman Tirtawan, Putu Dian Fitri Pratiwi, I Gusti Ngurah Wijaya Kusuma, I Made Arjaya, Erna Indraswari, Somvir, Baiq Candra Hermigawati dan I Made Westra.

Nyoman Tirtawan
“Kami sudah plenokan, memang Caleg Nasdem untuk DPRD Bali dapil  Buleleng TMS,” kata anggota KPU Bali Ni Putu Ayu Winariati, Jumat (10/8/2018).

Gugurnya seluruh caleg itu berawal dari status salah satu caleg perempuan yang TMS. Ia menjelaskan, saat verifikasi terhadap nama-nama caleg yang pertama kali didaftar ke KPU Bali, ternyata caleg nomor urut 9, Erna Indraswari, ada masalah. Partai NasDem kemudian menggantinya dengan Ni Komang Nilawati. 

Dalam verifikasi lanjutan, ternyata Nilawati sudah sempat didaftarkan jadi Caleg DPRD Kabupaten Buleleng Dapil Kecamatan Busungbiu – Sawan. Berdasarkan PKPU Nomor 20 Tahun 2018, tidak diperbolehkan caleg didaftarkan dua kali. Sehingga dalam proses verifikasi, Nilawati dinyatakan TMS.

Karena Nilawati dinyatakan TMS membuat komposisi Caleg Nasdem tidak memenuhi syarat kuota 30 persen perempuan. “Tidak lolos satu, membuat tidak memenuhi syarat kuota 30 persen perempuan. Ini yang membuat ada imbas seluruh bakal caleg Nasdem Dapil Buleleng TMS,” jelas Winariati.

Ia mengaku KPU Bali sudah berkoordinasi dengan KPU Pusat sebelum memutuskan seluruh Caleg NasDem gugur. "KPU Pusat juga membenarkan dan menguatkan langkah KPU Bali untuk menyatakan bahwa Caleg Nasdem dapil Buleleng untuk DPRD Bali TMS," katanya.

Ia melanjutkan, tidak ada lagi masa perbaikan untuk Caleg TMS. Jika NasDem keberatan atas keputusan KPU Bali, pihaknya mempersilahkan Partai NasDem menggugatnya ke Bawaslu Bali. "Silakan lakukan gugatan administrasi ke Bawaslu," ujar Wina.

Caleg NasDem Nyoman Tirtawan menilai keputusan KPU Bali itu aneh. Tirtawan adalah caleg incumbent.  "Ini sangat aneh jika sampai harus menggugurkan semuanya,” tegas Tirtawan. Menyikapi masalah itu, lanjut dia, saat ini partai Nasdem sedang melakukan proses gugatan ke Bawaslu Bali. (Ar)
Share on Google Plus

About redaksibali.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya