Daftar Pasang Baru Indihome

Ida Bagus Putu Sukarta, SE, MSi : Gotong Royong Saripati Pancasila

Ida Bagus  Putu Sukarta, SE, MSi , Anggota MPR RI (pegang mikrofon) saat  memaparkan materi
  Sosialisasi  4 Pilar Kebangsaan  didampingi  tokoh masyarakat Desa Baturiti, Kecamatan Baturiti, Tabanan

“Jikalau saya peras yang lima menjadi tiga dan yang tiga menjadi satu, maka dapatlah saya satu perkataan Indonesia yang tulen, yaitu Gotong-royong. Negara Indonesia yang kita dirikan haruslah negara gotong-royong!” pidato Bung Karno, dalam sidang Panitia Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia, 1 Juni 1945 itu dikutip oleh Ida Bagus Sukarta,SE, MSi,  Anggota MPR RI saat menjadi narasumber utama dalam acara Sosialisai 4 Pilar Kebangsaan atau empat Konsensus  Nasional di Desa Baturiti, Kecamatan Baturiti, Tabanan, hari Jumat (14/9/2018)

Lebih lanjut Ida Bagus Sukarta memaparkan ”Gotong royong merupakan nilai budaya asli Indonesia. Nilai ini berkaitan dengan nilai hubungan manusia Indonesia.  Manusia itu pada hakekatnya tidak berdiri sendiri. Bahwa ia selalu bisa mendapat bantuan dari sesamanya, terutama dari kaum kerabatnya khususnya dalam masa kesusahan. Konsep sama rata sama rasa memberi kewajiban kepadanya, yaitu kewajiban untuk terus menerus berusaha memelihara hubungan baik dengan sesamanya” 

“Walaupun istilah gotong royong tidak sering muncul seperti di masa lalu, namun istilah itu tetap digunakan dan dipraktekan sampai  saat ini. Dari dulu dalam kehidupan masyarakat Bali, implementasi gotong royong muncul dalam berbagai aktivitas kehidupan. Mulai dari bercocok tanam di sawah, ditegalan, membentuk sekehe semal, sekehe manyi, sekehe dalam berkesenian, membangun rumah, dan lain-lain. Di Bali  saat ini gotong royong masih terlihat kuat  dalam pelakanaan upacara/ upakara panca yadnya. Bapak/ ibu krama iriki, tityang nunas mangdene teguh ngamel gotong-royong, duaning punika wantah unteng Pancasila, pinaka dasar negara iragane ” terang Ida Bagus Sukarta dihadapan puluhan warga Desa Baturiti yang hadir dalam acara sosialisasi 

Sosialisasi empat pilar kebangsaan merupakan program MPR RI, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Acara sosialisai yang dikemas tidak terlalu formal dan penuh kekeluargaan ini, selain memaparkan tentang Pancasila, Ida Bagus Putu Sukarta juga menguraikan tiga konsensus nasional  yang lain yakni Bhinneka Tunggal Ika, Undang,-undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

“Kami sangat bersyukur, Beliau (Ida Bagus Sukarta, red) ) yang kini duduk sebagai wakil rakyat sebagai anggota DPR/MPR RI tidak bosan –bosan mengunjungi kami. Disamping sangat nasionalis Beliau sangat merakyat, bisa merasakan kesulitan kami sebagai rakyat dan cepat turun tangan membantu menyelesaikan kesulitan-kesulitan kami” ungkap Wayan Darta tokoh muda Desa Baturiti disela-sela acara sosialisasi (GR)
Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya