Ini Syarat Pemilih Ber-KTP Luar Daerah Nyoblos di Bali



 Ketua KPU Bali Wayan Jondra
REDAKSIBALI.COM- Pemilih ber-KTP luar Bali tetap bisa ikut nyoblos di Pulau Dewata pada Pemilu 2019. Pemilu yang dilaksanakan pada 17 April 2019 nanti digelar serentak untuk Pemilihan presiden, pemilihan anggota DPD dan anggota Legislatif (DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota). 

Ketua KPU Bali Wayan Jondra mengatakan, pemilih dari luar Bali itu hanya bisa mengggunakan hak suaranya untuk pemilihan Presiden dan pemilihan anggota DPR RI. "Mereka nanti hanya mendapat dua surat suara, yakni surat suara untuk pemilihan presiden dan DPR RI (Dapil Bali)," kata Jondra melalui sambungan telpon, Minggu (16/9/2018).

Bagi pemilih ber-KTP luar Bali, ada syarat yang harus dipenuhi agar bisa menggunakan hak suaranya di Bali. "Mereka harus sudah terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) di daerah asalnya. Tidak bisa memilih di Bali jika belum masuk dalam DPT," jelas Jondra.

Ia melanjutkan, jika sudah masuk DPT, mereka cukup meminta form model A5 di KPU Kabupaten/Kota di Bali, paling lambat 30 hari sebelum hari pemilihan. Dengan sistem online sekarang, KPU setempat bisa langsung mengetahui nama yang bersangkutan memang benar terdaftr DPT di daerah asalnya, dan menginformasikan bahwa yang bersangkutan pindah memilih,  sehingga tidak diberikan model C6 (pemberitahuan memilih).  setelah memperoleh model A5, maka oleh KPU kabupaten/kota setempat yang bersangkutan akan dicatatkan dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). "Saat pemilihan nanti mereka membawa form model A5 dan e-KTP ke TPS. Mereka bisa ikut mencoblos dari jam 07.00 Wita sampai 13.00 Wita," jelas Jondra.(Ar/GR)
Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya