Daftar Pasang Baru Indihome

Hasyim Asy’ari Ingatkan KPU Kabupaten/ Kota di Bali

Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya,(paling  kiri) komisioner KPU RI Hasyim Asy’ari (tengah) dan I Dewa Agung Gede Lidartawan  Ketua KPU Bali (paling kanan) pada pertemuan  hari Minggu  (28/10/2018) di Sekretariat KPU Denpasar

REDAKSIBALI.COM - Mengoptimalkan Kunjungannya ke Bali  dalam rangka menghadiri acara seminar nasional BEM Fakultas Hukum se -Indoensia di Pusat Pemerintahan  Badung,  Komisioner KPU RI Hasyim Asy’ari  melakukan pertemuan dengan komisioner KPU Bali dan Kabupaten/ kota se-Bali   hari Minggu  (28/10/2018) di Sekretariat KPU Denpasar

Dalam pertemuan tersebut  Hasyim Asy’ari   menyampaikan pesan agar KPU Kabupaten/ Kota dapat bekerja dengan sungguh sungguh, terukur dan terdokumentasi serta selalu berkoordinasi dengan Bawaslu dan stakeholder terkait lainnya dalam hal penyempurnaan daftar pemilih.

Hasyim Asy’ari  juga mengingatkan agar segenap jajaran KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat berkoordinasi untuk  penyelesaian permasalahan permasalahan yang ada sehingga dapat diantisipasi secara preventif dan terselesaikan dengan baik.

I Dewa Agung Gede Lidartawan, Ketua KPU Bali  dalam pertemuan  tersebut menyampaikan  bahwa upaya penyempurnaan Daftar Pemilih telah dilakukan secara masif di seluruh KPU Kabupaten/Kota sebagai jawaban atas keraguan kesungguhan jajaran KPU Provinsi Bali dalam mengelola data pemilih. Pimpinan KPU Bali terjun langsung ke Kabupaten/Kota  memantau pelaksanaan GMHP. Dewa Lidartawan cukup banyak membantu dalam proses GMHP dan berharap  hasil DPT menjadi lebih baik.

Sebelum pertemuan,    mulai pukul 07:00 sampai dengan 10:00 bersamaan dengan acara car free day di area lapangan puputan Renon. KPU Kabupaten kota se Bali  secara  bersama-sama membuka posko pelayanan Gerakan Melindungi Hak Pilih  (GMHP). GMHP dilaksanakan  dari tanggal 1-28 Oktober sebagai upaya untuk penyempurnaan daftar pemilih pemilu 2019. 

Dihubungi terpisah, Dewa Wiarsa Raka Sandi,  Koordinator Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Bali menyatakan menyambut baik gerakan GMHP yang dilaksanakan KPU.  “Selain KPU, Bawaslu juga melakukan gerakan untuk menjaga hak pilih. Masalah hak pilih sangat penting karena merupakan hak konstitusional warga Negara” kata Dewa Wiarsa

Ditanya sejauh mana efektivitas dari gerakan GMHP, Dewa Wiarsa mengatakan “ Hal itu tentu perlu dilihat secara komprehensif. Artinya tidak saja secara normatif, tetapi juga secara teknis di lapangan. Data dan fakta mengenai data pemilih perlu senantiasa  di awasi, dikawal serta dicarikan jalan keluar jika masih terdapat permasalahan didalamnya”.

Dewa Wiarsa Raka Sandi,
Lebih lanjut Dewa Wiarsa  menyampaikan “Sesuai mekanisme pengawasan, tentu Bawaslu Bali beserta jajaran, dalam hal ini Bawaslu Kabupaten/Kota akan mengkoordinasikan dan bila perlu merekomendasikan hasil pengawasannya kepada pihak-pihak  terkait untuk memastikan bahwa perbaikan data pemilih akan dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku”

“Sesuai mekanisme pengawasan, tentu Bawaslu Bali beserta jajaran, dalam hal ini Bawaslu Kabupaten/kota akan mengkoordinasikan dan bila perlu merekomendasikan hasil pengawasannya kepada pihak-pihak  terkait untuk memastikan bahwa perbaikan data pemilih akan dilakukan sesuai ketentuan yg berlaku. Sedangkan untuk tingkat Provinsi  juga akan dilakukan tindaklanjut sesuai tahapan rekap hasil perbaikan ” kata   Dewa Wiarsa Raka Sandi(GR)

Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya