Daftar Pasang Baru Indihome

KPU Badung Validasi Data 42.562 Pemilih Bermasalah

Suasana rapat pemutakhiran data pemilih  KPU Badung bersama PPK dan PPS se-Kuta Selatan dan  tim  Sidalih di areal Kantor Camat Kuta Selatan. Minggu, (21/10 2018).

REDAKSIBALI.COM - Dalam rangka mewujudkan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang berkualitas jajaran Komisioner KPU Badung bersama PPK dan PPS se-Kuta Selatan dan  tim  Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) menggelar rapat pemutakhiran data pemilih di areal Kantor Camat Kuta Selatan. Minggu, (21/10 2018).

Selain  Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta, rapat ini  dihadiri  Agung Yusa komisioner KPU Badung yang membidangi Divisi Data Pemilih dan  Nur Sodiq yang membidangi Divisi Hukum dan Pengawasan. Rapat ini dilaksanakan sebagai  tindak lanjut Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang dilakukan oleh jajaran KPU secara serentak dari tanggal 1- 28 Oktober 2018.

Kepada redaksibali,com, Ketua KPU Badung  I Wayan Semara Cipta mengungkapkan  Gerakan GMHP sebagai upaya untuk membangun kesadaran politik masyarakat untuk turut memastikan dirinya telah terdaftar sebagai Pemilih Pemilu 2019. Kegiatan GMHP di Kabupaten Badung telah dilakukan serentak mulai tanggal 1 Oktober 2018 dengan membuat Posko Layanan Pemilih di kantor-kantor Desa / Kelurahan.   

Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta
Ditanya efektifitas pelaksanaan GMHP ini,  Semara Cipta  menyampaikan  ”gerakan GMHP yang dilaksanakan di  Pasar Mengwi tanggal 14 Oktober 2018  lalu terlihat antusias warga untuk mengecek diri mereka dengan menunjukkan KTP, untuk selanjutnya dicek oleh tim Sidalih KPU Badung melalui aplikasi sidalih :lindungihakpilihmu.kpu.go.id.  Setelah di cek hasilnya sebagian besar warga yang diverifikasi  telah terdaftar sebagai Pemilih Pemilu 2019”.

“Saat diundang oleh Partai Politik terkait sosialiasi Pemilu 2019, KPU Badung selalu menyampaikan agar Partai Politik juga membantu KPU Badung untuk memastikan konstituennya telah terdaftar sebagai pemilih.  Apalagi KPU Badung telah memberikan kepingan CD yang berisi daftar Pemilih kepada masing-masing Partai Politik di Badung dengan harapan, Partai Politik juga turut mencermati daftar pemilih dan memastikan semua konstituennya terutama konstituen Caleg telah terdaftar sebagai Pemilih. Bila belum, maka agar segera melaporkan diri ke Posko Layanan Pemilih yang ada di masing-masing Desa/ Kelurahan untuk dicatatkan dalam formulir A.1.A yaitu formulir tanggapan masyarakat dan dimasukkan sebagai pemilih baru”  lanjut  Semara Cipta

KPU Badung berharap  agar semua pihak turut membangun kualitas demokrasi di Badung. Salah satunya dengan meningkatnya  partisipasi pemilih melalui tersajikannya data pemilih yang valid dan transparan.

Terkait data bermasalah yaitu penyandingan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dengan DPT Pemilu 2019,  Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta menyampaikan  bahwa KPU  Badung menerima data sejumlah 42.562.

Dari data ini KPU Badung telah melakukan pencermatan dengan menyandingkan data pemilih pasca penetapan Pilgub, kemudian Daftar Pemilih Sementara (DPS) hingga Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Pemilu 2019. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memastikan bahwa data di DP4 telah berproses karena Data DP4 ini adalah data paling awal yang diterima KPU dan telah melalui proses pemutakhiran dari Pilgub Bali 2018 hingga ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Karena sesuai surat Edaran KPU RI bahwa khusus bagi daerah yang melaksanakan Pilkada tidak dibentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) lagi.  Sehingga Daftar Pemilih Pilkada langsung menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019.

Dalam hal pemutakhiran data pemilih ini, KPU Badung melakukan 3 mekanisme yaitu, pendataan bagi pemilih baru, melakukan perbaikan elemen data terhadap data pemilih bila terjadi kesalahan seperti dari status belum menikah kemudian menikah, perbaikan nama, tanggal lahir dan NIK, dan yang ketiga yaitu melakukan penghapusan terhadap pemilih yang tidak memenuhi syarat yang diakibatkan karena sudah meninggal, dibawah umur, masih berstatus TNI/Polri.

Sebagai upaya validasi pemilih, dari data 42.526 ini  KPU Badung  telah berkoordinasi  dengan Disdukcapil dan juga diturunkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) melalui PPK untuk dilakukan pencermatan bersama kelian ataupun kepala lingkungan terkait. (GR)


Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya