Daftar Pasang Baru Indihome

Lacak Identitas Pemilih Lapas, KPU Karangasem Gandeng Catatan Sipil Rekam Iris Mata

KPU  bersama Disdukcapil Kabupaten Karangasem melakukan perekaman data  iris mata Napi  di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Karangasem, hari  Rabu (31/10/2018)


REDAKSIBALI.COM - "Perekaman data  tidak bisa dilakukan sekaligus, bertahap dilakukan selama beberapa hari. Targetnya diselesaikan sebelum penetapan  Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan  (DPT HP) di daerah asal Napi," kata Ketua KPU  Karangasem I G Krisna Adi Widana  disela  kegiatan identifikasi kelengkapan administrasi  penghuni lembaga pemasyarakatan yang belum lengkap identitasnya di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Karangasem, hari  Rabu (31/10/2018)

Upaya itu  ditempuh Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Kabupaten Karangasem untuk memaksimalkan pendataan pemilih. Tercatat 170 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kabupaten Karangasem diidentifikasi kelengkapan administrasinya dengan menggandeng Kantor Catatan Sipil. Tujuanya tidak lain untuk memastikan yang bersangkutan bisa didaftarkan sebagi pemilih dalam pemungutan suara Pemilu dan Pilpres 17 April 2019 mendatang.

Perekaman data para Napi merupakan upaya melengkapi elemen data kependudukan warga binaan Lapas  yang selama ini tidak memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan NKK (Nomor Kartu Keluarga).

Tercatat selain berasal dari wilayah Kabupaten Karangasem, penghuni lembaga pemasyarakatan merupakan warga kabupaten dan propinsi lain. Mereka  rata-rata tidak mengantongi identitas diri.

"Kalau sudah pernah direkam, pasti akan diketahui identitas lengkap warga bersangkutan, jika belum perekaman langsung kita buatkan KTPnya," jelas I Wayan Sumidia, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karangasem.

 "Dengan cek iris mata diharapkan dapat diketahui identitasnya," kata Luh Kusmirayanti disela kegiatan. Komisioner KPU Kabupaten Karangasem yang membawahi Divisi Data dan Perencanaan ini menjelaskan pemanfaatan teknologi yang difasilitasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten  Karangasem ini sebagai bagian melindungi hak pilih masyarakat.

“Untuk Napi yang berasal dari luar daerah, jika data para Napi yang didata  sudah lengkap, datanya  akan dikirim kembali ke daerah asalnya. Dengan demikian  keberadaan mereka bisa masuk dalam DPT Hasil Perbaikan di daerah yang bersangkutan” jelas jelas Kusmirayanti

Lebih lanjut Kusmirayanti memaparkan  "Bagi Napi asal Karangasem, bisa langsung dimasukkan DPT Hasil Perbaikan. Bagi yang dari luar daerah, KPU Karangasem akan mudah berkoordinasi untuk membuat surat pindah pilih atau form A5," jelas Kusmirayanti. 

“Dengan demikian hak demokratis para Napi sebagai warga negara yang memiliki hak pilih, tetap terakomodir” kata Ketua KPU  Karangasem I G Krisna Adi Widana  kepada redaksibali.com (GR)

Share on Google Plus

About redaksibali.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya