Daftar Pasang Baru Indihome

Logistik Pemilu 2019 Tiba di Bali, Berbahan Kardus Dikhawatirkan Mudah Rusak Kena Air

Logistik Pemilu 2019 tiba di KPU Denpasar

REDAKSIBALI.COM - 
Kebutuhan bilik suara untuk pemilu 2019 di Kota Denpasar sebanyak  6.528 bilik. Saat ini KPU Kota Denpasar masih memiliki bilik suara 
yang terbuat dari aluminium, inventaris dari Pemilu lalu   sebanyak 5.847 buah. KPU Kota Denpasar sudah memohon bilik tambahan untuk menutupi kekurangan sebanyak 681, namun yang sudah diterima saat ini 320 buah.

“Pagi ini  (Rabu, 24/10/2018) KPU Kota Denpasar kedatangan logistik pemilu 2019. Logistik yang dikirim hari ini dan sudah diterima adalah bilik suara berbahan kertas kardus yang akan di gunakan pada hari pencoblosan 17 april 2019. Logistik bilik suara dikirim bersamaan dengan jatah untuk Kabupaten Badung  dan Tabanan.  Jatah KPU Denpasar sebanyak 320 bilik yang  dikemas dalam setiap 10 lembar. Dari total semua kebutuhan sampai saat ini  kami masih kekurangan 361 bilik suara ” ujar Ketua KPU  Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya

Lebih lanjut Arsa Jaya menyampaikan bahwa logistik bilik suara ini untuk sementara diterima dan ditampung di kantor KPU Kota Denpasar Jalan Raya Puputan Renon, dimana nantinya akan dipindahkan ke gudang yang sudah dipersiapkan yaitu di Jalan Noja 142 Denpasar. 

“Kami kesulitan mendapatkan gudang untuk disewa karena mahalnya biaya sewa dan keterbatasan anggaran, saat ini kami telah menyewa dua buah ruko berlantai 3 dengan luas 4x9 meter yang dirasa cukup representatif untuk menampung logistik pemilu 2019. KPU Kota Denpasar juga sedang menunggu kiriman jatah kotak suara dari penyedia KPU RI” kata Arsa Jaya menambahkan.

Karena terbuat dari kardus,  ditanya antisipasinya bila  saat pendistribusian kotak dan bilik  suara cuaca sedang  hujan,   “Kotak dan bilik terbuat dari kardus dengan muka dilapisi plastik, tetapi di bagian sisinya tidak, sehingga mudah rusak juga kena air”  ujar Arsa Jaya

Sementara itu kebutuhan bilik suara di Kabupaten Badung  mencapai  5.496  bilik (estimasi 4 bilik per TPS)  Dan yang baru datang 1.515, jadi masih kekurangan  bilik suara sebanyak 3.981 bilik.

Logistik Pemilu 2019 tiba
di KPU Badung
Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta kepada redaksibali.com menyampaikan “Tadi malam yang  tiba  bilik suara yang berbahan Kardus. Kalau kotak suara berbahan kardus sudah datang tanggal 18 Oktober lalu. Kebutuhan Kotak surat suara  di TPS di Badung mencapai 6.870 dan sudah diterima 6.866, jadi masih kurang 4 Kotak surat suar, ditambah dengan kebutuhan di tingkat PPK dan KPU Badung, Terkait kekurangan logistik  ini  masih sedang  dikoordinasikan oleh Pak Sekretaris kami.” Kata  Ketua KPU Badung yang juga membawahi Divisi Logistik.

I Gede Putu Weda Subawa, Ketua KPU Tabanan menyampaikan sudah menerima kotak suara  tanggal 15 Oktober lalu. sebanyak   7.875, sedangkan kebutuhan kotak suara di Kabupaten Tabanan sebanyak  7.810 kotak, jadi KPU Tabanan masih kekurangan 65  kotak suara.

Terkait kebutuhan bilik suara Weda Subawa menyampaikan  “Kebutuhan bilik suara di Kabupaten Tabanan sebanyak  6.176 bilik, sudah ada  3.494 bilik,  hari Rabu tanggal  24 Oktober ini  datang 2.666 bilik jadi masih kurang lagi 16 buah bilik.”  ujar Weda Subawa.

Berrbeda dengan KPU Kabupaten Kota lainny,  KPU Bueleng belum   menerima  logistik Pemilu 2019.  “Logistik untuk KPU Buleleng  masih dalam perjalanan dari  Banyuwangi, Kemungkinan  datang malam  ini  atau besok baru sampai” kata Gede Sutrawan, Komisioner KPU Buleleng  kepada redaksibali.com.

Untuk KPU  Karangasem  sudah menerima kotak suara  sebanyak  8.608 sedangkan  bilik suara belum menerima.

John Darmawan, Divisi Sosialisasi KPU Bali menyampaikan bahwa  untuk kabupaten  Bangli kebutuhan  kotak suara  sebanyak 4.264,   baru diterima KPU Bangli sebanyak   4.259, kekurangan lagi  5 kotak suara . Sedangkan Kebutuhan bilik aluminium di Kabupaten Bangli sebanyak   3.372. bilik dan sudah terpenuhi sesuai kebutuhan.

Kebutuhan kotak  suara di Kabupaten Gianyar sebanyak  7.577,  sudah  datang 4,000 kotak suara sehingga  Kabupaten Gianyar  kekurangan lagi  3.577 kotak suara.  Untuk Kebutuhan bilik suara  sebanyak 6 000 sudah tersedia 4.712 bilik, dengan demikian  Kabupaten Gianyar kekurangan lagi 1.288 bilik suara

Untuk Kabupaten Jembrana kotak suara sudah datang sebanyak  4.370 dari kebutuhan   4.415  kotak, dari kotak suara   yang  datang rusak 5  jadi kekurangan kotak suara lagi  50. Kebutuhan  bilik suara di Kabupaten Jembrana sebanyak 3.464. KPU Jembrana memiliki inventaris bilik aluminium sebanyak  2.020 dan sudah datang 1.432 bilik suara tambahan. Dari total keperluan, KPU Jembrana masih kekurangan 32 bilik

Kabupaten Klungkung  semua kebutuhan  kotak suara  sudah terpenuhi yakni  3.139 kotak. Sementara untuk kebutuhan  bilik suara sebanyak  610, KPU Klungkung belum menerimanya. (GR)




Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya