Survey Populi Center Beberkan Hasil Pilpres



REDAKSIBALI.COM -Lembaga survey Populi Center merilis hasil survey terbarunya hari ini (Rabu, 24/10).  Surey yang bertajuk Preferensi Politik Jelang 2019: Personalitas dan Soliditas Pasca Penetapan dilakukan pada periode 23 September-1 Oktober 2018.  Survei menggunakan 1.470 responden yang dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error pada kisaran 2,53% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Survey Populi Center menunjukkan bahwa Joko Widodo dan Prabowo memperoleh tingkat pengenalan diatas 90 persen. Hasil tersebut sama dengan temuan survei sebelumnya yang juga menunjukkan angka diatas 90 persen. Untuk nama-nama Cawapres seperti Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno memperoleh persentase diatas 80 persen. Naik dari temuan survei sebelumnya (diatas 70.persen).

Hasil survey ini juga menyatakan  Joko Widodo menjadi tokoh yang paling banyak dipilih oleh masyarakat sebagai Presiden apabila Pilpres dilakukan hari ini, dengan persentase 51,8 persen. Sementara Prabowo Subianto berada diposisi kedua dengan persentase 28 persen

Terkait belum adanya  kenaikan signifikan tren elektabilitas kedua calon presiden baik Joko Widodo mau pun Prabowo Subianto, Populi Center memberi dua alasan penyebab. 
Pertama,   tidak berubahnya basis dukungan secara signifikan, terutama bila membandingkan hasil survei bulan ini dengan hasil perolehan suara saat pemilu 2014. Kedua, pemilihan sosok calon wakil presiden masing-masing, baik Ma'ruf Amin mau pun Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden sejauh ini masih belum memberikan kontribusi terhadap tingkat keterpilihan  calon presiden, Joko Widodo mau pun Prabowo Subianto.

Hal lain yang menjadi temuan, Joko Widodo menjadi tokoh yang paling menarik penampilannya di mata pemilih milenial dengan rentang usia dibawah usia 34 tahun (42,3%). Selain itu, pemilih  milenial juga mengapresiasi cara berpidato Joko Widodo, Ini menunjukkan, diantara tokoh Capres dan Cawapres yang ada, Prabowo bukan lagi satu-satunya tokoh yang dianggap pandai berpidato.

Terkait partai politik, hasil survey menyatakan paling tidak terdapat lima parpol yang berpotensi lolos batas ambang parlemen sebesar 4%, yaitu PDIP, Gerindra, PKB, Golkar, dan Nasdem. Sementara itu, parpol yang belum aman ialah Demokrat, PKS, PPP, PAN, dan Hanura

Sedangkan parpol yang berpotensi tidak lolos ambang batas antara lain Perindo, Garuda, PSI, PBB Berkarya, dan PKPI. (GR)

Share on Google Plus

About redaksibali.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya