Ini Dia Hasil Pleno DPTHP-1 Perbaikan Tingkat Kecamatan di Kabupaten Badung

Penyerahan Hasil Pleno DPTHP-1 tingkat Kecamatan Mengwi oleh Ketua PPK Mengwi-Kadek Putra Wijaya kepada Ketua KPU Badung, hari Senin (12/112018)  di Kantor Camat Mengwi

REDAKSIBALI.COM - Setelah melalui dinamika panjang  pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2019, akhirnya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Badung secara serentak menggelar Rapat Pleno Terbuka DPTHP-1 Perbaikan hari Senin (12/112018)  di Kantor Camat masing-masing. 


Dengan dikeluarkannya Surat Edaran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI nomer 1351 perihal penyelesaian tindak lanjut data 31 juta pemilih se-Indonesia, pemutakhiran pemilih berlangsung lebih alot. Masih banyaknya masyarakat yang telah memiliki hak pilih dan diindikasikan belum masuk dalam daftar pemilih Pemilu 2019 membuat jajaran KPU Badung bekerja keras melakukan validasi data. 

Ketua KPU Badung  I Wayan Semara Cipta menuturkan pasca penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) yang telah dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Badung tanggal 13 September 2018 lalu, ternyata masih ada data tambahan pemilih yang turun. 

"Tidak tanggung-tanggung jumlahnya se-Indonesia mencapai 31 juta pemilih dan di Badung data yang diterima sejumlah 42.562 pemilih" kata Semara Cipta

Menurut keterangan Semara Cipta, data ini selanjutnya dilakukan verifikasi dan pencermatan berupa penyandingan dengan data yang telah berproses dari DPT Pemilihan Gubernur Bali 2018 dan DPT Pemilu 2019. 

Selain itu juga dilakukan verifikasi data  dengan meminta bantuan kepada Disdukcapil Kabupaten Badung untuk memastikan data yang diberikan oleh KPU RI ini benar-benar sudah terekam KTP-elektronik. Dan terakhir data yang diturunkan oleh KPU RI ini selanjutnya diturunkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat Desa/ Kelurahan guna benar-benar memastikan bahwa datanya memang ada.

"Hasil pencermatan dan verifikasi sebagaimana diatur dalam SE KPU RI nomer 1351 lumayan membuat jajaran PPS mengatur nafas panjang dalam melakukan validasi data pemilih terlebih ketiadaan perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih" kata Semara Cipta. 


"Bersyukur dengan semboyan 'bekerja bergembira' yang selalu saya gaungkan, bisa  memotivasi jajaran PPS tetap semangat mencermati data pemilih" kata  Semara Cipta lebih lanjut.

Tidak tanggung-tanggung dalam mengapresiasi kinerja PPS, Ketua bersama jajaran Komisioner KPU Badung senantiasa berusaha mendampingi PPS saat melakukan verifikasi data ke rumah warga. 

Rapat Pleno Terbuka penetapan hasil DPTHP-1 perbaikan di beberapa Kecamatan di Kabupaten Badung menyimpulkan adanya penambahan pemilih yang berdampak kepada adanya penambahan TPS 

Rapat Pleno Terbuka penetapan hasil DPTHP-1 perbaikan di Kecamatan Abiansemal terdapat penambahan 1 TPS , kemudian di Kuta bertambah lagi 25 TPS, selanjutnya di Kuta Selatan bertambah lagi 13 TPS. 

 "Jadi Total terdapat penambahan 39 TPS yang tersebar se-Kabupaten Badung dengan jumlah pemilih dari 366.131 menjadi 384.798" kata Semara Cipta  seraya  menjelaskan  "khusus untuk Kecamatan Mengwi, Petang dan Kuta Utara jumlah TPSnya tidak mengalami perubahan" 

Perubahan jumlah pemilih dan jumlah TPS ini  akan menjadi bahan Pleno KPU Badung besok, Selasa 13 November 2018. 

Ketua KPU Badung berharap  tidak akan ada perubahan karena Pleno di tingkat Kecamatan telah dilakukan dengan menggunakan data hasil upload ke dalam Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). 

"Jadi sebenarnya data yang akan diplenokan besok telah melalui proses dan tentu saja mengacu dari hasil sistem Sidalih sebagai dasar rekapan data pemilih Pemilu tanggal 17 April 2019 mendatang" kata Semara Cipta

Ketua KPU Kabupaten Badung juga menegaskan bila  pasca penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan kedua (DPTHP-2) nanti masih terdapat pemilih yang tercecer,  pemilih masih dapat menggunakan hak pilihnya. 

"Dengan membawa KTP-elektronik ke TPS sesuai alamat yang tertera pada KTPnya,  pemilih tercecer dapat menggunakan hak pilihnya mulai jam 12.00  hingga pukul 13.00 waktu setempat" ujar Semara Cipta (GR)
Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya