KPU Denpasar Terima Kotak Suara Berbahan Kardus di Gudang Jalan Noja

Wayan Arsa Jaya, Ketua KPU Denpasar  (paling kanan) menata  kota suara Pemilu 2019 yang baru tiba di  Gudang KPU Kota Denpasar  yang terletak di Jalan Noja no 142 Denpasar, Jumat (2/11/2018)


REDAKSIBALI.COM -  Sekretariat KPU Kota Denpasar kini lebih lengang, sekretariat  terasa lebih luas.  “Sekretaiat kami tadinya penuh  dengan kotak suara.  Kotak suara aluminium yang telah digunakan sejak pemilu 2004 yang memenuhi halaman sekretariat telah dilelang beberpa hari lalu . KPU Kota Denpasar telah melelang sebanyak 5.914 buah kotak suara berbahan alumnium.” ujar I Wayan Arsa Jaya Ketua, KPU kota Denpasar kepada redaksibali.com hari Jumat (2/11/2018)

 “Barusan kami kami juga menerima kiriman logistik  berupa kotak suara  berbahan kardus yang kami tempatkan ke Gudang KPU Kota Denpasar Jalan Noja no 142 Denpasar. Logistik  ini dikirim oleh penyedia PT Intan Ustrix, Gresik Jawa timur, diangkut dengan 3 truk thriler besar dan logistic sampai di  gudang sekira pukul 10.00 pagi  hari ini”  ujar  Arsa Jaya lebih lanjut

Arsa Jaya menerangkan, awalnya KPU Kota Denpasar kesulitan untuk menyewa gudang, karena keterbatasan ketersediaan gudang yang representatif dan anggaran.  Saat ini kami sudah punya gudang, berupa dua unit ruko berlantai tiga dengan status sewa. Dalam hitungan kami, daya tampung dua unit ruko ini dirasa cukup untuk menyimpan seluruh kotak suara utk kebutuhan TPS. Bila dirasa  kurang  KPU Kota Denpasar akan mengoptimalkan  ruangan yang ada lantai bawah gedung kantor KPU Kota Denpasar di Jalan Raya Puputan sebagai gudang

Logisti kotak suara yang diterima di  gudang KPU Denpasar Jalan Noja  ini  untuk memenuhi kebutuhan 1.632 TPS  pemilu 2019 yang tersebar di 4 kecamatan dan 43 desa kelurahan di Kota Denpasar. Sesuai dengan pengajuan KPU Kota Denpasar untuk kebutuhan TPS sebanyak 8.160 buah kotak suara.

Tampilan kotak suara berbahan kertas kardus berwarna putih ini pada sisi depan/muka ada bagian transparan berbahan mika, terkemas dan terikat dalam plastik yang masing masing berisi 5 buah kotak suara terlipat atau belum dirakit. Seperti diketahui untuk pemilu 2019 jenis kotak suara yang digunakan menyesuaikan dengan amanat UU No. 7 2017 tentang Pemilu  adalah kotak transparan. KPU Tidak lagi menggunakan kotak suara berbahan aluminium pda pemilu 2019. Kotak aluminium yang telah digunakan sejak pemilu 2004 yang lalu telah dilelang. KPU Kota Denpasar telah melelang sebanyak 5.914 buah kotak suara berbahan alumnium.

 “Secara keseluruhan sampai saat ini KPU Kota Denpasar telah menerima logistik pemilu 2019 berupa bilik suara berbahan kertas kardus sebanyak 320 buah dari 681 buah yang diajukan. Sedangkan bilik suara pemilu sebelumnya sebanyak 5.847 yang berbahan aluminium akan tetap digunakan pada pemilu 2019 nanti. Total kebutuhan bilik suara KPU Kota Denpasar untuk 1.632 TPS pemilu 2019 adalah 6.528 buah.” Kata Arsa Jaya, Ketua KPU  Denpasar  yang juga bertanggung jawab pada logistik Pemilu. (GR)

Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya