Daftar Pasang Baru Indihome

Peringatan HKN ke 54, Pemprov Bali Resmikan Paviliun ABMEC di RS Mata Bali Mandara



Wakil Gubernur Bali Cok Ace menyerahkan  hadiah bagi para pemenang berbagai kategori lomba dalam rangka peringatan HKN ke 54 di halaman kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Senin (12/11)

REDAKSIBALI.COM  -Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 54 yang digelar Pemprov Bali di halaman kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Senin (12/11/2018)

Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wagub Cok Ace menyatakan tema HKN tahun ini adalah ‘Aku Cinta Sehat’ dengan sub tema  ‘Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita’ dimana tema tersebut sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang menekankan pada kesadaran tiap individu untuk meningkatkan prilaku hidup sehat. 

Disamping itu, mometum ini juga dijadikan sebagai pengingat masyarakat bahwa kesehatan masyarakat akan terwujud apabila semua komponen berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan  promotive - preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif. Mengubah pola hidup dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaan masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.

Permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia saat ini diantaranyanya masih tingginya angka kematian Ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular. Hal tersebut pun diharapkan dapat terselesaikan jika ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat saat ini dan masa yang akan datang. Dan instansi paling bawah di bidang kesehatan yakni PUSKESMAS dan para tenaga kesehatan didalamnya diharapkan dapat berperan menyelesaikan masalah tersebut dengan ikut mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan promosi perilaku hidup bersih dan sehat.

Dalam upacara yang diikuti oleh seluruh instansi kesehatan di Bali, serta dihadiri oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Provinsi Bali, juga turut dirangkaikan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang berbagai kategori lomba dalam rangka peringatan HKN ke 54,  Pemenang lomba Puskesmas dan Klinik Berprestasi tingkat Provinsi diraih oleh Puskesmas Abiansemal I Kabupaten Badung, Pemenang lomba tenaga kesehatan  teladan tingkat provinsi diraih oleh dr. Wayan Arya Putra Manuaba dari Puskesmas Selemadeg Barat, Pemenang tenaga dokter gigi teladan diraih oleh drg. I Dewa Ayu Purnami dari UPT. Puskesmas Klungkung I dan berbagai pemenang lomba lainnya.

Wakil Gubernur Cok Ace meresmikan paviliun ABMEC, yang berlokasi di RS Mata Bali Mandara, Senin (12/11/2018)
Usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesehatan, Wakil Gubernur Cok Ace meresmikan paviliun ABMEC, yang berlokasi di RS Mata Bali Mandara.

RS Mata Bali Mandara membuka pelayanan paviliun Australia Bali Memorial Eye Centre (ABMEC) dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat terutama untuk pemeriksaan mata
,
Disela-sela acara peresmian, Wagub Cok Ace menyampaikan kepada awak media bahwa peningkatan pelayanan tersebut selain bertujuan memberikan yang terbaik untuk masyarakat, juga sangat selaras dengan visi misi Nangun Sat Kerthi Loka Bali yaitu keseimbangan. Menurutnya, kesehatan bisa terwujud jika ada keseimbangan dalam diri dan lingkungan, baik upaya untuk hidup sehat maupun upaya pemerintah dalam menyediakan infrastruktur layanan kesehatan. Untuk itu, ia berharap kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan layanan ABMEC ini dengan baik sehingga tingkat dan kualitas kesehatan masyarakat Bali dapat terjaga dengan baik.

Sementara itu, Direktur Rs Mata Bali Mandara dr. Made Yuniti mengatakan bahwa dulu Rumah sakit tersebut dibangun dari bantuan hibah pemerintah Australia maka paviliun tersebut dinamai ABMEC yang diperuntukan  untuk para ekspatriat dan kelompok masyarakat yang menginginkan pelayanan berkelas dan modern.

Dijelaskan pula, bahwa RS tersebut memiliki infrastruktur yang memadai, dimana dilengkapi peralatan canggih dibidang mata terutama teknologi Laser. Saat ini RS mata memiliki koleksi laser yang lengkap, seperti LASIK, untuk koreksi kelainan refreaksi sehingga tidak perlu lagi memakai kaca mata, Yang Laser adalah laser khusus untuk kasus Glaukoma dan After Katarak, Argon Laser untuk penanganan retina akibat penyakit kencing manis dan tekanan darah tinggi. 

Selain itu paviliun VIP juga dilengkapi dengan alat penunjang lainnya seperti USG, Photo Fundus, Perkmetry, NCT dan lainnya dengan teknologi paling up date. Untuk itu ia berharap pelayanan RS Mata Bali Mandara kedepannya dapat memberikan hasil yang terbaik untuk masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu ke luar negeri untuk pengobatan Mata. Hadir pula dalam kesempatan tersebut, kepala OPD dilingkungan Provinsi Bali dan anggota DPRD Provinsi Bali.(GR/rls)
Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya