Promosikan Jembrana, Putri Suastini Koster Baca Puisi dengan Iringan Jegog




REDAKSIBALI.COM - Totalitas Putri Suastini Koster dalam membawakan sebuah puisi berjudul ‘Sumpah Kumbakarna’ memberi sentuhan baru dan menjadi daya tarik penampilan Duta Kabupaten Jembrana pada ajang Pesona Budaya di Anjungan Bali TMII Jakarta, Sabtu (3/11/2018) malam.

Dengan iringan gamelan Jegog, Putri Koster mampu memberikan warna baru pada seni membaca puisi. Ritme gamelan Jegog begitu harmonis mengiringi pembacaan puisi oleh Putri Koster yang membuat penonton ikut larut dalam daya tarik magis Puisi Sumpah Kumbakarna.

Puisi Sumpah Kumbakarna menceritakan perjuangan Sang Kumbakarna yang merupakan adik dari Rahwana dalam melawan Sri Rama. Perjuangan Kumbakarna bukan untuk membela sang kakak yang telah menculik Dewi Shita, melainkan untuk  mempertahankan tanah kelahirannya yakni Alengka. Dalam wiracarita Ramayana, Kumbakarna digambarkan memiliki sifat perwira dan sering menyadarkan perbuatan kakaknya yang salah.

Berkesenian bukan hal baru bagi istri Gubernur Bali Wayan Koster ini. Selain menekuni dunia puisi, ia juga sempat terjun dalam dunia seni tari dan seni peran. Baginya, Puisi adalah bahasa hati, mata air kehidupan. “Melalui puisi, kita dapat mengasah rasa, kepekaan dan budi pakerti. Mari kita jadikan seni berpuisi untuk menyentuh hati,” ujarnya dalam sebuah kesempatan.

Puisi juga bukan sekadar ekspresi kesenian, melainkan bisa merefleksikan kondisi kekinian hingga menjadi sarana menyampaikan kritik dengan gaya berbeda. Dengan puisi, yang dikritik bisa saja merasakan pesan itu bukan kritik. Namun tetap bisa menangkap makna dan tersadar akan isi pesan yang tersirat di balik diksi puisi.

Kehadiran Putri Suastini Koster di TMII Jakarta dalam rangka mendampingi Gubernur Bali Wayan Koster bersama Bupati Jembrana I Putu Artha  menghadiri Ajang Pesona Budaya di Anjungan Bali Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta yang menampilkan Jegog, kesenian khas Jembrana

Ajang Pesona Budaya juga dirangkai dengan pameran yang menampilkan potensi Jembrana yang berlangsung dari tanggal 2-3 Nopember 2018. Pameran menampilkan  produk unggulan Bumi Mekepung seperti kain songket, rajut, kerajinan logam dan produk cokelat yang telah diekspor ke Amerika, Korea dan Cina.

Dalam kegiatan ini disuguhkan pula jaje bendu yang merupakan jajanan khas Kabupaten Jembrana. Acara Pesona Budaya Kabupaten Jembrana dihadiri pula oleh Duta Besar negara sahabat, Dirut TMII, Menteri Koperasi dan UKM RI Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga didampingi Ny.Bintang Puspayoga dan Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra yang didampingi istri. Pesona Budaya merupakan agenda tahunan di Anjungan Bali TMII yang menampilkan potensi kesenian Kabupaten/Kota se-Bali secara bergilir(GR)

Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya