Daftar Pasang Baru Indihome

Deklarasi Pemilu Damai di Karangasem

Deklarasi Pemilu Damai dilaksanakan di Taman Kota Jagat Karana, Jalan Veteran Amlapura, Karangasem,  Jumat (21/12)

REDAKSIBALI.COM -Deklarasi Pemilu Damai, menjelang Pileg dan Pilpres 2019 digelar serentak di Bali. Di Karangasem, Deklarasi Pemilu Damai dilaksanakan di Taman Kota Jagat Karana, Jalan Veteran Amlapura, itu digelar sangat sederhana, Jumat (21/12)

Acara Deklarasi Pemilu Damai ini mengundang Kapolres Karangasem, Dandim 1623 Karangasem, Kepala Badan Kesbang Pol. Kabupaten Karangasem, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karangasem, Kepala BPBD Kabupaten Karangasem, Kasat Pol PP Kabupaten Karangasem, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem, Ketua Bawaslu Kabupaten Karangasem. 

Ketua Partai Politik Peserta Pemilu 2019 tingkat Kabupaten  Karangasem, Ketua Tim Kampanye Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Tingkat Kabupaten Karangasem, Petugas Penghubung (LO) Calon anggota DPD Provinsi Bali tingkat Kabupaten Karangasem, Camat Se Kabupaten Karangasem Ketua PPK se Kabupaten Karangasem tokoh masyarakat juga turut diundang.

Divisi Hukum KPU Bali Anak Agung Raka Nakula juga turut hadir dalam acara ini


Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana mengatakan, Pemilu serentak yang digelar tahun ini memang sangat rentan diterpa isu kurang menyenangkan.  Menurut Krisna tingkat kerentanan itu ada pada lima surat suara yang mesti harus dicoblos pemilih. Serta adanya penggorengan isu pemilu yang menyerang penyelenggara, mulai kelihatan.

“Dari awal pelaksanaan, kita sudah di goyang isu tak sedap, mulai dari DPT, E-KTP, dan kotak suara kardus,” kata Krisna.

Menyangkut kotak suara yang berbahan kardus, Krisna mengajak masyarakat untuk bersama-sama menangkal berita hoax tersebut. Dia mengatakan, kotak suara berbahan kardus yang dikeluarkan KPU pusat kelayakannya sudah diuji

“Kotak suara kardus bahannya kedap air. Provinsi Riau sudah mengujinya dengan menghanyutkan ke sungai dalam simulasi bencana alam yang dilakukan beberapa waktu lalu. Hasil pengujian, kotak suara kardus ternyata sangat kuat terhadap air,” kata Krisna.

Menghindari hal hal yang tidak inginkan, lanjut Krisna, surat suara dan logistik lainnya akan di bungkus plastik sebelum dimasukkan ke kotak suara. Bukan hanya itu, kotak suara kardus juga dibungkus plastik. Langkah ini dilakukan guna menjawab keraguan beberapa pihak atas kenyamanan kotak suara yang berbahan kardus tersebut.


“Intinya untuk kotak suara kardus dan surat suara kita sudah lakukan pengamanan ganda. Masyarakat pemilih tak perlu lagi untuk meragukannya,” imbuh Divisi Hukum KPUD Karangasem Ngurah Maharjana, usai Deklarasi Pemilu Damai kemarin.

Sementara itu, Divisi Hukum KPU Provinsi Bali, AA Agung Ngurah Nakula, yang hadir dalam deklarasi pemilu damai di Karangasem, mengatakan, ada dua elemen penting yang membuat Pemilu 2019 bisa berjalan dengan sukses. Dua elemen itu menyangkut integritas penyelenggara dengan peserta pemilu, dan adanya sinergitas antara empat pilar, seperti pemerintah dan masyarakat.

“Dengan memaknai dua elemen ini, saya berharap kedamaian pelaksanaan pemilu bisa tercipta dari Karangasem sebagai hulunya Bali,” harap Nakula.

Deklarasi kampanye damai ditandai dengan pelepasan burung merpati, penandatangan Deklarasi oleh masing-masing Parpol peserta Pemilu.GR.krs
Share on Google Plus

About redaksibali.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya