DPT Kota Denpasar Berkurang 568 Pemilih


Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya  (tengah) saat Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penyempurnaan dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke-2 (DPTHP-2) di Ruang Pertemuan Lantai 3 Gedung Kantor KPU Kota Denpasar, Senin (10/12/2018)
REDAKSIBALI.COM - KPU Kota Denpasar melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Penyempurnaan dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke-2 (DPTHP-2) di Ruang Pertemuan Lantai 3 Gedung Kantor KPU Kota Denpasar, Senin (10/12/2018)

Rapat Pleno  yang dibuka oleh Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya ini  dihadiri oleh seluruh anggota KPU Kota Denpasar,   pimpinan partai politik dan LO peserta Pemilu Serentak 2019 tingkat Kota Denpasar, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kota Denpasar.  

Anggota BAWASLU Kota Denpasar Nyoman Putra Wiratma dan Ahmad Baidowi juga turut hadir dalam rapat ini.

Dalam rapat  ini terungkap bahwa sebanyak 621 pemilih dicoret dari DPTHP-2 karena alasan ganda, meninggal dunia dan pindah domisili. Untuk pemilih baru tercatat sebanyak 53 pemilih yang tersebar di empat Kecamatan di Kota Denpasar.

Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya menyatakan proses penyempurnaan ini merupakan bagian dari komitmen KPU Kota Denpasar untuk mewujudkan daftar pemilih Pemilu Serentak 2019 yang akurat, bersih dan inklusif. 

Arsa Jaya juga menyatakan rapat dilaksanakan atas perintah Surat Edaran Komisi Pemilihan Umum (SE KPU) nomer 1429 tentang perpanjangan 30 hari masa penyempurnaan DPTHP-2 . Dimana perpanjangan masa penyempurnaan DPTHP-2 ini berawal dari rekomendasi BAWASLU untuk menunda penetapan DPTHP-2 di KPU RI pada 15 Nopember 2018 yang lalu” kata Arsa Jaya

Menurut Arsa Jaya, KPU Kota Denpasar bersama sama dengan Disdukcapil, BAWASLU dan Partai Politik telah melakukan upaya pencermatan dan singkronisasi terhadap DPTHP-2. Dari proses tersebut KPU Kota Denpasar menetapkan penurunan jumlah DPTHP-2 dari 464.700 menjadi 464.132, berkurang sebanyak 568 pemilih. Sedangkan untuk jumlah TPS tidak berubah sebanyak 1.737 TPS di empat Kecamatan dan 43 Desa/Kelurahan se Kota Denpasar.

KPU Kota Denpasar juga melakukan verifikasi terhadap 659 pemilih yang terdaftar di DPT luar negeri, dimana hasilnya adalah 255 dicoret karena dinyatakan akan memilih diluar negeri pada hari pemungutan suara 17 April 2019. KPU Kota Denpasar juga mencatat 284 pemilih penyandang disabilitas.

KPU Kota Denpasar menyatakan telah memastikan bahwa data DP4 non DPT yang dicoret telah terverifikasi oleh PPK dan PPS, dan data yang disampaikan telah disingkronisasi dengan portal SIDALIH KPU
. (GR)

Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya