Dukung Gerakan Suksma Bali, Mulai Januari 2019 Gubernur Bali Larangan Penggunaan Plastik Satu Kali Pakai

Suksma Bali Night and Gala Dinner yang diselenggarakan Paiketan Krama Bali di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) Nusa Dua, hari Sabtu malam (15 /12/ 2018)
REDAKSIBALI.COM - Gubernur Bali Wayan Koster sangat mengapresiasi gerakan Paiketan Krama Bali melalui Suksma Bali dalam mendukung program Bali bebas sampah plastik. Saya bersama jajaran Pemerintah Provinsi Bali segera pengeluarkan peraturan gubernur (Pergub) untuk menjadikan Bali bebas sampah plastik dan elemen-elemen lainnya yang selama ini mengotori Bali menuju Bali yang benar-benar bersih, hijau dan indah.

Gerakan Suksma Bali sejalan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Bali. Peraturan Gubernur (Pergub) yang akan diberlakukan mulai Januari 2019 berisi larangan penggunaan plastik satu kali pakai. “Dari pemberlakuan Pergub ini, target kami mengurangi 60-70 persen sampah plastik satu kali pakai” ujar Koster.

Hal itu disampaikan Gubernur Bali Wayan Koster saat memberi sambutan dalam acara Suksma Bali Night and Gala Dinner di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC) Nusa Dua, hari Sabtu malam (15 /12/ 2018)

Menurut Gubernur Bali Wayan Koster, Bali sebagai daerah nomor satu tujuan pariwisata dunia harus dijaga kebersihan dan kesucian alamnya. Oleh karena itulah, gerakan Suksma Bali sangat strategis bersama-sama Pemerintah Provinsi Bali. 


“Bali akan saya tata secara komprehensif agar pembangunan Bali berkelanjutan, ramah lingkungan, berkualitas dan bermanfaat sebesar-besarnya bagi seluruh masyarakat Bali. Oleh karena itu, saya mengajak hadirin untuk mendukung program ini” ujarnya seraya berharap gerakan Suksma Bali terus berlanjut.

Pada acara Suksma Bali Night and Gala Dinner juga diserahkan Suksma Bali Award. Menurut Ketua Umum Paiketan Krama Bali, Agung Suryawan Wiranatha, Suksma Bali adalah salah satu program Paiketan Krama Bali yang mengimplementasikan Tri Hita Karana. Melalui Suksma Bali, pihaknya memberikan penghargaan kepada para pegiat dan pengabdi budaya Bali, pariwisata, lingkungan, seniman dan lainnya.

Penghargaan atau Suksma Bali Award diberikan kepada : Dr. Ir. Tjok. Oka Artha Ardana Sukawati. M.Si dan IGN Rai Suryawijaya, S.E, MBA (Bidang Pariwisata); Prof. Dr. I Made Bandem dan Pande Wayan Sutedja Neka (Bidang Seni dan Budaya); Wayan Aksara-Trash Hero dan Melati/Isabel Wijsen -Bye-Bye Plastic Program (Bidang Lingkungan); I Nyoman Nuarta-Cultural Park GWK dan Made Karyani Masson (Bidang Industri Kreatif); I Made Sudjana, S.E, M.M, CHT, CHA dan Prof. Dr. Ir. A. Sulistyawati, M.S, M.M, Dth, Ph.D, Dag (Bidang Pendidikan) dan Drs. ABG Satria Naradha (Bidang Media dan Informasi).

Agung Suryawan mengajak semua pihak untuk bergabung dengan gerakan Paiketan Krama Bali sebagai bentuk tanggung jawab kepada Tuhan, alam dan tetua Bali yang telah memberikan kita kehidupan. 


Pembina Umum Paiketan Krama Bali yang juga SC Suksma Bali, Ida Rsi Wisesanatha berharap "Dumogi acara ini bisa berlangsung terus secara berkala sebagaimana acara besar Arjuna Digital, Valentine Blood Donation, Gema Perdamaian yang telah menjadi milik masyarakat yang tetap didukung penuh Paiketan Krama Bali". 

"Acara-acara ini selain bermanfaat bagi masyarakat, juga sangat berguna sebagai media berlatih ngayah bagi para pemuda-pemudi dengan kemurnian tanpa pamrih. Sambil mengembangkan praktek human relation, kecerdasan emosi pada wilayah yang lebih luas dibandingkan corporate struktur di perusahaan yang lebih mudah"  lanjut Ida Rsi Wisesanatha

Turut hadir dalam acara Suksma Bali Night & Charity Gala Dinner sejumlah Sulinggih dan Pandita Paiketan Krama Bali dan Perkumpulan Pasraman Indonesia, Veda Poshana Ashram, Forum Studi Majapahit, Komunitas Gema Perdamaian, Perwakilan Kementerian Pertahanan di Bali, Kol. Inf. Ketut Budiastawa, M.Si.

Hadir pula Wakil Gubernur Provinsi Bali Cok Ace; jajaran pejabat birokrasi Pemerintah Provinsi Bali; unsur pimpinan DPRD Bali, unsur pimpinan DPRD Badung, unsur pimpinan DPRD Kota Denpasar; Ketua PHRI Bali Cok Ace, Ketua PHRI Badung, IGN Rai Suryawijaya, S.E, MBA; Pemilik Kelompok Media Bali Post, Drs. ABG Satria Naradha, para Donatur, Para Penasihat, Pembina, pengurus dan anggota Paiketan Krama Bali, para pimpinan organisasi kemasyarakatan, para donator dengan jumlah peserta sekitar 1000 orang
 (mer/GR).

Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya