Lindungi Hak Pilih, Bawaslu Gianyar Pantau Perekaman E-KTP

Bawaslu Kabupaten Gianyar saat penyisiran sekaligus pengawasan perekaman E- KTP oleh Disdukcapil Kabupaten  Gianyar pada acara car free day hari Minggu (30/12) di Jalan Astina Gianyar

REDAKSIBALKI.COM - Walaupun Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan ke -2 (DPT HP-2) sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gianyar pada tanggal 10 Desember 2018 lalu, upaya untuk melindungi hak pilih warga negara terus dilakukan oleh penyelenggara Pemilu dengan menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gianyar.

Sesuai dengan ketentuan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu persyaratan mutlak bagi warga negara yang sudah memiliki hak pilih yang tidak terdaftar dalam DPT untuk dapat menggunakan hak pilih harus dapat menunjukan E-KTP.

“Berdasarkan informasi dan data yang ada, di Kabupaten Gianyar masih banyak warga yang belum terekaman E-KTP. Data per Desember 2018 ada 12.411 orang yang belum terekam E KTP. Angka ini merupakan angka yang masih sangat tinggi” kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gianyar, I Wayan Hartawan kepada redaksibali.com, saat melakukan, penyisiran sekaligus pengawasan perekaman E- KTP oleh Disdukcapil Kabupaten Gianyar pada acara car free day hari Minggu (30/12) di Jalan Astina Gianyar.

Lebih lanjut Wayan Hartawan mengatakan sangat mengatensi dan mengapresiasi upaya jemput bola yang dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Gianyar untuk melakukan perekaman kepada warga Kabupaten Gianyar yang belum melakukan perekaman E-KTP termasuk kepada pemilih pemula.

Menurut Wayan Hartawan upaya ini merupakan bagian dari upaya melindungi hak konstitusional warga Negara, yakni hak pilih. “Penyempurnaan DPT menjadi perhatian semua pihak, hal ini terbukti dengan penyempurnaan DPT sampai 2 kali penundaan demi akurat dan validnya DPT Pemilu tahun 2019” kata Wayan Hartawan

Untuk Pemilu 2019, KPU Kabupaten Gianyar telah menetapkan DPT dengan jumlah pemilih sebanyak 370.030 pemilih. 


Meskipun demikian Bawaslu Gianyar meyakini masih ada pemilih yang tercecer. Untuk itu Bawaslu Gianyar melalui kegiatan pengawasan partisipatif berharap warga masyarakat yang menemukan keluarga atau pun warganya yang belum terdaftar dalam DPT atau belum melakukan perekam E-KTP, agar menyampaikan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) terdekat.  (GR)

Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya