Sedang Barong Festival

Wakil Gubernur Bali Cok Ace membuka Sedang Barong Festival, yang dilaksanakan di Wantilan Jaba Pura Dalem Desa Sedang, Abiansemal, Badung, Jumat (28/12).

REDAKSIBALI.COM - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) secara resmi membuka Sedang Barong Festival, yang dilaksanakan di Wantilan Jaba Pura Dalem Desa Sedang, Abiansemal, Badung, Jumat (28/12). 

Dalam kesempatan tersebut, Wagub Cok Ace memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan festival tersebut. Menurutnya, festival tersebut merupakan salah satu cara untuk membangkitkan minat dan bakat generasi muda dalam melestarikan kesenian barong dan kendang tunggal. “Terlebih Pulau Bali merupakan salah satu destinasi pariwisata dunia, dimana kita menyuguhkan seni dan budaya sebagai daya tarik pariwisata karena kita tidak memiliki sumber daya alam seperti migas untuk sumber ekonomi masyarakat Bali”, tuturnya. 

Untuk itu, ia meminta panitia terlebih paguyuban seperti Paguyuban Kandapat agar dapat menjaga eksistensi pelaksanaan festival seperti ini. Ia berharap dengan makin seringnya diadakan festival dan perlombaan seperti ini maka makin banyak minat generasi muda untuk terjun dan mengasah bakat dalam seni dan budaya tari barong dan kendang. 

Sementara itu, Ketua Panitia Acara Sedang Barong Festival Putu Hendrawan mengucapkan terimakasih atas apresiasi dari Wagub Cok Ace. Ia membenarkan bahwa dibentuknya Paguyuban Kandapat tiada lain adalah untuk mewadahi generasi muda dalam mengasah minat dan bakat guna pelestarian adat dan budaya, khususnya tari barong dan kendang tunggal.

Untuk itu, festival yang diselenggarakan pertama kali ini berhasil menyedot 57 paket peserta baik dari kategori barong maupun kendang tunggal, dimana para peserta tersebut berasal dari 5 kabupaten di Bali. Sedangkan terkait lomba tersebut, akan diselenggarakan selama tiga hari yakni sampai tanggal 30 Desember 2018.

Fetival akan dinilai oleh dewan juri yang berpengalaman dan ahli dibidangnya, yakni Juri Bapang Barong I Gede Oka Surya Negara merupakan Dosen ISI, I Ketut Suardana (Tut Batu) yang pernah meraih Juara 1 Bapang Barong Sebali, Pande Gede Eka Mardiana seniman Kendang dari Sukawati, dan Tjok Alit Hendrawan Seniman Kendang dari Puri Peliatan Ubud. Ia berharap dengan dukungan dari pemerintah dan masyarakat festival tersebut dapat dilaksanakan setiap tahun.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Camat Abiansemal, Anggota DPRD Badung dan masyarakat setempat.
GR/rls
Share on Google Plus

About REDAKSI BALI

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya