Pemerintah Kabupaten Karangasem, Siap Fasilitasi Pelaksanaan Pemilu

Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, saat menerima audiensi Jajaran Komisioner dan Sekretariat KPU Karangasem, Senin (21/1) di Kantor Bupati Karangasem
REDAKSIBALI.COM - Pemerintah Kabupaten Karangasem siap memfasilitasi pelaksanaan setiap tahapan pemilu 2019. Hal itu disampaikan disampaikan Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri, saat menerima audiensi Jajaran Komisioner dan Sekretariat KPU Karangasem, Senin (21/1) di Kantor Bupati Karangasem, Jalan Ngurah Rai – Amlapura.

Bupati yang didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Karangasem menyatakan, pihaknya siap memberikan fasilitas yang dibutuhkan penyelenggara sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

”Kepala Dinas dan jajaran agar menyiapkan baik personal maupun sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pemungutan suara nanti,” tegasnya.

Personal yang dimaksud Mas Sumatri diantaranya 7 x 1.706 petugas KPPS yang bertugas di tempat pemungutan suara. Mereka yang direkrut bisa saja dari kalangan guru dan pendidik karena umumnya mereka adalah kalangan professional, untuk melengkapi jumlah petugas dapat pula berasal dari siswa atau mahasiswa dan masyarakat yang sudah memenuhi syarat sebagai penyelenggara.

Petugas ketertiban TPS sebanyak 3.412 orang agar dikordinir Kasatpol PP terutama terkait seragam yang akan digunakan saat pencoblosan.

“Komunikasikan dengan kepala Desa dalam proses perekrutannya termasuk kelengkapan yang dibutuhkan,” perintah Bupati kepada Kasatpol PP.

Sarana prasarana penunjang seperti tempat pengelolaan logistik GOR Gunung Agung secara khusus Mas Sumatri memerintahkan Kadis Pendidikan untuk secepatnya melakukan perbaikan di beberapa sisi yang mengalami kerusakan. “Jangan sampai menghambat proses pengelolaan logistik pemilu,” imbuhnya.

Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adi Widana memastikan penggunaan GOR untuk pengelolaan logistik sudah dimulai awal Februari mendatang.


”Sejak saat itu akses GOR ditutup untuk masyarakat dan pihak yang tidak berkepentingan,” terangnya.

Persoalan lain yang perlu kiranya di antisipasi adalah kondisi gunung Agung yang sampai saat ini masih level III ( siaga ) dan beberapa kali terjadi erupsi. Pemerintah Kabupaten diharapkan sudah membuat mitigasi penanganan pengungsi.

KPU Kabupaten Karangasem memperkirakan 478 TPS dengan jumlah pemilih 105.830 di lingkar 28 desa akan bergeser dari tempat tinggalnya jika terjadi erupsi.
(rls)
Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya