Daftar Pasang Baru Indihome

Survey Charta Politika, Peta Elektoral Terkini Pileg dan Pilpres 2019


REDAKSIBALI.COM -Lembaga survey Nasional Charta Politika Indonesia merilis hasil survey hari Rabu,(16/1/2019) yang bertajuk ‘Peta Elektoral Terkini Pilpres & Pileg 2019’. 

Sebagaimana judulnya, survey ini memberi gambaran peta elektoral Pileg & Pilpres saat ini dan elektabilitas pasangan Capres Cawapres saat ini. Survey juga member gambaran perolehan suara partai politik saat ini, dan peluang mereka menghadapi parliamentary threshold.

Pengambilan data Survey ini dilakukan pada periode 22 Desember 2018 – 2 Januari 2019, dengan jumlah keseluruhan sampel 2.000 responden dari 34 provinsi di Indonesia. Responden dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dengan dengan margin of error ± (2,19%) pada tingkat kepercayaan 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan Wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur

Dalam survey ini, Charta Politika menemukan beberapa temuan menarik yaitu:

Pertama, elektabilitas pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin pada saat ini mengungguli pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno sekitar (19,1%). Elektabilitas Joko Widodo – Ma’ruf Amin 52,3%,. Sedangkan elektabilitas Prabowo Subianto – Sandiaga Uno 34,1%. Sisanya 12,8 % menyatakan tidak tahu.



Kedua, alasan memilih kedua paslon memiliki karakteristik yang spesifik.

Mayoritas pemilih pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin karena menganggap kinerjanya bagus, berjiwa sosial dan merakyat serta karena suka dengan Joko Widodo.

Sementara pasangan Prabowo - Sandiaga, S. Uno dipilih karena tegas, berjiwa sosial dan merakyat serta karena suka dengan Prabowo.

Ketiga, tingkat kemantapan pilihan terhadap kedua paslon cukup tinggi yakni 71,4 persen.

Keempat, PDIP dan Partai Gerindra mengungguli partai politik lain yang menjadi pilihan masyarakat pada saat periode survey dilakukan. 


PDIP 25,2% sedangakan Partai Gerindra 15,2%, Partai Golkar 9%, PKB 8,1%, Partai Nasdem 5,3%, Partai Demokrat 4,5%, PPP 4,3%, PKS 4,2%, Partai Perindo 2,7%, PAN 2,6%, PSI 1,5%, Partai Hanura 0,6%, PBB 0,4%, Partai Berkarya 0,3%, Partai Garuda 0,2% dan PKPI 0,1% . Sdangkan yang belum menentukan pilihan 16, 2 persen.


Kelima, tingkat kemantapan pilihan pada partai politik masih cukup dinamis, berada di rentang 50 persen

Keenam, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Joko Widodo tergolong cukup tinggi yaitu (65,8%).
(GR, rls)
Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya