Bawalsu Gianyar Sebut Petugas Tempat Pemungutan Suara Rawan Godaan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  Kabupaten  Gianyar  melalui Panwacam kembali melantik  PTPS pada tahap ketiga di dua kecamatan, yaitu untuk kecamatan Blahbatuh dan untuk kecamatan Tegalalang, hari Rabu (27/3)
REDAKSIBALI.COM - Kerawanan yang bisa muncul dan berpotensi terjadi diantaranya pemilih yang diwakilkan  dan pemilih memilih lebih dari sekali. 

Dari hasil pengawasan Bawaslu pada saat adanya kampanye di beberapa desa di temukan adanya kebulatan tekad di beberapa banjar atau desa.  Hal tersebut berpotensi memunculkan terjadinya  pelanggaran adanya pemilih yang diwakilkan pada saat penggunaan hak pilihnya nanti. Hal seperti ini harus menjadi perhatian Pengawas TPS saat bertugas di TPS nanti.

Demikian beberapa hal yang disampaikan Ni Made Suniari Siartikawati SE, anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten  Gianyar  saat memberikan pembekalan kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara  (PTPS) sekecamatan Tegalalang di Wantilan Pura Agung Gunung Rawung Desa Taro, hari Rabu (27/3)

Pada hari yang sama, Ketua Bawaslu Kabupaten Gianyar, Wayan Hartawan dalam pembekalan PTPS sekecamatan Blahbatuh menekankan  tingginya potensi politik uang,  

Menurut Hartawan hal tersebut disampaikannya berdasarkan  Indek Kerawanan Pemilu (IKP) di masing masing kecamatan, untuk kecamatan Blahbatuh potensi politik uangnya cukup tinggi. 

"Sudah adanya informasi Calon Legislatif (Caleg) telah mengumpulkan Kartu Keluarga (KK)  dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk mendata jumlah pemilih di masing masing keluarga, sehingga potensi politik uang pada saatnya nanti sangat tinggi" kata Hartawan

Hartawan berharap PTPS dapat meminimalisir potensi politik uang dengan cara pencegahan, dengan tetap juga mewaspadai potensi  pelanggaran yang lain termasuk upaya 'menggoda' petugas Pemungutan Suara.

Acara pembekalan kepada PTPS diberikan setelah sebelumnya PTPS dilantik oleh Ketua Panwascam masin-masing kecamatan. Hari Rabu (27/3) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten  Gianyar melalui Panwacam kembali melantik PTPS pada tahap ketiga di dua kecamatan,  yaitu untuk kecamatan Blahbatuh dengan jumlah PTPS sebanyak 211 orang dan untuk kecamatan Tegalalang sebanyak 162 orang. 


Pelantikan PTPS di kecamatan Tegalalang di laksanakan,di Wantilan Pura Agung Gunung Rawung. Desa Taro,  kecamatan Tegalalang, Sedangkan untuk kecamatan Blahbatuh pelantikan PTPS di laksanakan di Krisna Oleh Oleh. Banjar Blangsinga,  Desa Saba,  

Dalam kegiatan di kedua kecamatan tersebut tamnpak hadir Muspika masing masing kecamatan beserta Ketua PPK sebagai mitra Panwascam di tingkat kecamatan. (GR)


Share on Google Plus

About redaksibali.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya