Daftar Pasang Baru Indihome

Bawaslu Gianyar Petakan Kecamatan Tampaksiring dan Sukawati Rawan Terjadi Jual Beli Suara Antar Caleg

Acara Pelantikan dan Pembekalan Pengawas TPSsekecamatan Sukawati di Stage Barong Batubulan, Desa Batubulan, hari Kamis (28/3)

REDAKSIBALI.COM - Di kecamatan Tampaksiring dan kecamatan  Sukawati potensial terjadi adanya jual beli suara antar Calon Legislatif (Caleg) sesama Partai dalam proses pemungutan dan penghitungan suara nanti. Maka dari itu potensi jual beli suara itu harus dijadikan fokus dan atensi khusus pada saat proses perekapan suara di TPS. 

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Gianyar, Wayan Hartawan saat memberikan pembekalan pada Pengawas Tempat Pemungutan Suara ( PTPS) sekecamatan Tampaksiring dan kecamatan Sukawati, hari Kamis (28/3)

Penekan itu disampaikan Hartawan setelah sebelumnya Bawaslu Gianyar menggali informasi di masyarakat.dan menyusun Indek Kerawanan Pemilu (IKP) untuk Kabupaten Gianyar

"Demi terwujudnya Pemilu yang bermartabat dan berintegritas, potensi pelanggaran seperti jual beli suara akan dijadikan penekanan khusus oleh Bawaslu Gianyar melalui Pengawas TPS. Karena proses awal perekapan berada di TPS dan selanjutnya di tingkat Kecamatan, maka kedua jajaran itu harus cermat dan teliti dalam mengawasi proses perekapan suara tanpa mengabaikan potensi-potensi pelanggaran yang lain," kata Hartawan

Lebih lanjut Hartawan menjelaskan untuk Kabupaten Gianyar, Kecamatan Sukawati merupakan Kecamatan yang dijadikan barometer proses Demokrasi yang bersifat fair play.

Pada Pemilu 2019 proses penentuan calon terpilih masih mengacu pada suara terbanyak dari Caleg dimasing- masing partai, setelah sebelumnya perolehan suara partai politik peserta pemilu dihitung menggunakan teknik Sainte Lague "Karena itulah mengapa jual beli suara ini patut kita cermati" jelas Hartawan

Pada hari yang sama sebelum mendapat pembekalan, Pengawas TPS di 2 Kecamatan, yakni Kecamatan Tampaksiring dan Kecamatan Sukawati dilantik oleh Ketua Panwascam masing-masing kecamatan.

Acara Pelantikan dan Pembekalan Pengawas TPS sekecamatan Tampaksiring di Gedung Serba Guna Kantor Camat Tampaksiring, hari Kamis (28/3)
Pelantikan 164 Pengawas TPS sekecamatan Tampaksiring dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kantor Camat Tampaksiring. Sedangkan 310 orang Pengawas TPS sekecamatan Sukawati dilantik di Stage Barong Batubulan, Desa Batubulan. Dengan dilantiknya Petugas TPS di dua kecamatan ini, Bawaslu Gianyar dalam mengawal proses Demokrasi pada Pemilu serentak tahun 2019 telah menyiapkan jajaran Pengawas TPS sebanyak 1676 orang. 

Tampak hadir dalam acara Pelantikan Pengawas TPS pada kedua kecamatan tersebut unsur Muspika setempat yakni Camat, Kapolsek, Danramil dan juga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)
. *GR

Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya