Daftar Pasang Baru Indihome

Rayakan Hari Penyu Dunia, Balitopia Release Tukik dan Adakan Lomba Mewarnai

Murid-murid peserta acara coloring competition yang diselenggarakan Balitopia beserta orang murid dan guru-guru melepas 50 ekor tukik ke laut lepas di pantai Saba , Blahbatuh, Gianyar, hari Minggu (26/5)
REDKSIBALI.COM - Dalam rangka memperingati hari penyu dunia (turtle day) yang jatuh pada tanggal 23 Mei. Balitopia mengadakan acara pelepasan tukik dan lomba mewarnai gambar untuk anak-anak tingkat sekolah dasar dan taman Kanak-kanak di pantai Saba.

"Kami melibatkan anak-anak SD dan TK untuk turut serta  melepas 50 ekor  tukik ke laut lepas di pantai Saba,  tepat di depan lokasi Balitopia. Kami berharap agar anak-anak sedari awal memahami pentingnya melestarikan satwa yang terancam punah seperti penyu hijau misalnya." kata Gusti Ayu Made Candra Dewi koordinator acara coloring competition  Balitopia kepada redaksibali.com hari Minggu (26/5)

Untuk lomba mewarnai gambar, anak-anak diminta mewarnai berbagai jenis  binatang jenis insekta yang menjadi ikon Balitopia. Menurut Candra Dewi hal yang unik dari insekta ini, khususnya kupu kupu adalah proses metamorposisnya yang sempurna. Dari proses ini,  pengunjung Balitopia bisa tahu berbagai jenis kepompong yang akhirnya akan menjelma menjadi berbagai jenis kupu kupu yang indah.

Menurut keterangan Candra Dewi, di Balitopia saat ini ada 13 jenis kupu-kupu yang eksotis. Salah satunya jenis  atlas moth, yang di Bali dikenal dengan nama kupu-kupu  barong yang mulai langka.

Kepala sekolah SD Negeri 3 Saba, Gusti Agung Diastawa  mengucapkan terimakasih karena Balitopia sudah melibatkan SD Negeri 3 Saba  dalam memperingati  hari penyu dunia. Menurut Agung Diastawa acara seperti ini bisa menunjang mutu pendidikan di sekolah.

"Karena pendidikan tidak cukup hanya di sekolah. Perlu dukungan berbagai pihak khususnya pelaku pariwisata disekitar lingkungan sekolah untuk turut serta  menunjang pendidikan, setidaknya mengadakan lomba- lomba seperti ini. Kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan dan berkelanjutan sehingga terjalin hubungan yang baik  antara lingkungan sekolah dengan sekolah itu sendiri." kata Agung Diastawa

Senada dengan Agung Diastawa, kepala TK Saba Rare, Raden Ayu Sri Cahyani juga menyambut antusias dengan program yang dibuat Balitopia. "Anak-anak bisa menyalurkan bakat, bersosialisasi dengan lingkungan, mengenal tempat wisata dilingkungan dekat sekolah. Selain itu anak anak sejak dini juga dapat  mengenal berbagai jenis binatang melata dan kupu-kupu" kata  perempuan yang sehari-hari dipanggil Ibu Raden.

Balitopia yang berlokasi di Pantai Saba, Gianyar merupakan sister company dari Bali Zoo yang  dilaunching pada tanggal 21 April 2019  lalu. Saat ini Balitopia memiliki koleksi  kupu kupu dan beberapa jenis  reptil.

Pengunjung bisa datang setiap hari dari pukul 10 pagi sampai jam 6 sore. Selain melihat kupu kupu di Balitopia pengunjung juga bisa berinteraksi dengan satwa seperti iguana, ular, belalang daun, dan butterfly release setiap hari Sabtu dan Minggu.

Peserta lomba mewarnai gambar yang dielnggarakan Balitopia diikuti oleh  anak-anak TK dan kelas 1-3 SD 
Untuk lomba mewarnai, panitia membagi peserta menjadi dua kategori,  yakni kategori A  untuk  anak-anak TK - play group, dan kategori B untuk peserta yang duduk di bangku kelas 1 sampai kelas 3 SD. 

Berdasarkan pengumuman dewan juri  independen dari ISI,  berikut  ini nama-nama juara mewarnai katagori A:
Juara pertama,  Ni Putu Trisna Kartika Dewi
Juara kedua, Putu Pertiwi Tiga Murti
juara ketiga, Kansa
Juara harapan 1, Ni Kadek Aprilia Kartini
Juara harapan 2, Rihana Nata Prawira
Juara harapan 3, I Made Lananda Tama Naya

Untuk kategori B, Juara diraih oleh: 
Juara pertama,  Prema Satya Wistaa
Juara kedua, Veisya Najwa Nataprawira
Juara ketiga, Tristan Radityan Loasa
Juara harapan 1, Kadek Ananda Arya Laksmana
Juara harapan 2, Putu Jessy Nathasya
Juara harapan 3, Radhea

Kepada para juara panitia menyediakan berbagai jenis hadiah seperti piala, piagam, uang dan voucher (GR)

Share on Google Plus

About redaksibali.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya