Daftar Pasang Baru Indihome

Sainte Lague Hanguskan Kursi DPR RI Partai Gerindra Dapil Bali


REDAKSIBALI.COM - Pada Pemilu 2019, perolehan 1.257.590 suara DPR RI yang diraih PDI Perjuangan pada daerah pemilihan Bali terkonversi menjadi 6 Kursi DPR RI dari 9 kursi yang tersedia. Ini artinya 54,363 persen suara terkonversi menjadi 66,67 persen kursi.


Kenapa bisa begitu? Mari kita lihat

Rekapitulasi perolehan suara partai politik untuk DPR RI Daerah Pemilihan Bali pada Pemilu 2019 berdasarkan data KPU Bali yang diperoleh redaksibali.com sebagai berikut:


Denga perhitungan metode Sainte Lague sebagaimana diamanatkan UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, perolehan suara Parpol di atas dikonversi menjadi kursi sebagai berikut:


Ini artinya PDI Perjuangan mendapatkan 6 Kursi DPR RI, Partai Golkar memperoleh 2 Kursi dan Partai Demokrat memperoleh 1 Kursi DPR RI.

Berbeda dengan perhitung perolehan kursi DPR RI yang menggunakan metode Kuota Hare sebagaimana diterapkan pada Pemilu terdahulu, Satu kursi DPR RI yang diraih PDI Perjuangan akan menjadi milik Partai Gerndra. 

Sehingga komposisi perolehan kursi DPR RI untuk Daerah Pemilihan Bali dengan metode Kuota Hare menjadi: PDI Perjuangan meraih 5 Kursi, Partai Golkar 2 kursi, Partai Demokrat meraih 1 Kursi dan satu kursi lagi diraih Partai Gerindra

Berikut perhitungannya:

Perolehan Kursi DPR RI pada Pemilu 2019 berdasarkan metode perhitungan Kuota Hare.

Bilangan Bagi Pemilih (BPP) = jumlah suara sah dibagi jumlah kursi = 2.313.340 dibagi 9 = 257.037,778

Perolehan suara Paprol berdasarkan BPP, diperoleh perhitung sebagai berikut:


Sitem manakah yang lebih baik, Sainte Lague atau Kuota Hare?

Kalau pada Pemilu kali ini Partai Gerindra dirugikan, bisa jadi pada Pemilu lalu di untungkan.
(GR)

Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya