Daftar Pasang Baru Indihome

Lima Penulis Emerging Lolos Seleksi Ubud Writers and Readers Festival 2019

REDAKSIBALI.COM - Lima Penulis Emerging Lolos Seleksi Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2019. Kelima nama penulis emerging terpilih, yaitu: Chandra Bientang dari D.K.I Jakarta, Ilhamdi Putra dari Padang, Sumatera Barat, Heru Sang Amurwabumi dari Nganjuk, Jawa Timur, Lita Lestianti dari Malang, Jawa Timur, dan Nurillah Achmad dari Jember, Jawa Timur. Kelima nama tersebut dipilih langsung oleh Dewan Kurator UWRF 2019 yang terdiri dari penulis, jurnalis, dan sastrawan ternama Indonesia, yaitu Leila S. Chudori, Putu Fajar Arcana, dan Warih Wisatsana.

Proses kuratorial dimulai dari pembacaan awal yang dilakukan oleh Indonesian ProgramManager UWRF,Wayan Juniarta. Dari tahap ini, terangkum daftar nominasiyang terdiriatas 30 karya dari 30 penulis. Setiap kurator kemudian memilih 10 karya, yang kemudian disaring kembali menjadi lima karya terpilih. Setiap karya telah dibaca ulang dandidiskusikan oleh para kurator, baik mengenai tema, pemilihan kata dan diksi, serta aspekkesusastraan lainnya.Sejalan dengan komitmen UWRF untuk menempatkan kualitas karyasebagai parameter yang paling utama dalam proses seleksi, tahun ini UWRF kembali hanyamemilih karya-karya terbaik saja.

Pada14 Januari-15 Maret lalu, Yayasan Mudra Swari Saraswati, lembaga nirlaba yang menaungiUbud Writers & Readers Festival (UWRF) membukaseleksi penulis emerging Indonesia 2019. Selamarentang waktu tersebut, sebanyak 1.217 penulis mengirimkan 1.253karya berupa cerita pendek, puisi, dan naskah novel. Jumlah ini merupakan jumlah palingbanyak sepanjang seleksi penulis emerging Indonesia yang pertama kali diselenggarakanpada tahun 2008.

Emerging adalah istilah yang digunakan oleh UWRF untuk para penulis Indonesia yang memiliki karya berkualitas namun belum memperoleh publikasi yang memadai. ProgramSeleksi Penulis Emerging Indonesia adalah bagian dari komitmen Yayasan Mudra Swari Saraswati untuk mendukung kehidupan masyarakat Indonesia melalui program-programseni dan budaya. Selain itu, program ini merupakan wadah untuk menemukan calonbintang-bintang sastra masa depan Indonesia.

UWRF 2019 merupakan penyelenggaraan yang ke-16, acaranya ini akan berlangsung dari tanggal 23-27 Oktober 2019.
(rls, GR)

Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya