Daftar Pasang Baru Indihome

Efektifkan Penggunaan Dana Desa, Denpasar Utara Gelar Bursa Inovasi Desa

Suasana Bursa Inovasi Desa (BID) yang diselenggarakan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Denpasar Utara, hari Rabu (21/8), di ruang rapat Kantor Camat Denpasar Utara.
REDAKSIBALI.COM - Perbekel, Ketua Badan Permusyawaratan Desa dan Kaur Perencanaan dari delapan desa yang ada di Kecamatan Denpasar Utara menghadiri Bursa Inovasi Desa (BID) yang diselenggarakan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Denpasar Utara, hari Rabu (21/8), di ruang rapat Kantor Camat Denpasar Utara.

Pada Bursa Inovasi Desa Kecamatan Denpasar Utara ini panitia bursa menyediakan 39 menu Infrastruktur, 57 menu Peningkatan Sumber Daya Manusia, dan 108 jenis menu kewirausahaan yang bisa ditiru untuk dilaksanakan di desa-desa di Kecamatan Denpasar Utara. Contoh program-program inovatif yang ditiru ini, bisa berasal dari desa di Kota Denpasar sendiri maupun dari luar Kota Denpasar.

Ketua Panitia BID Denpasar Utara, Ketut Kardana menyampaikan Bursa Inovasi Desa dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa di Denpasar akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternative kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif

Ketut Kardana juga menyampaikan, dari ratusan menu yang disediakan secara umum 5 menu infrastruktur, 9 menu kewirausahaan dan 21 jenis menu SDM menarik minta desa-desa di Denpasar Utara untuk diduplikasi.

"Khusus untuk Sumber Daya Manusia, menu Pos Gizi Ibu Hamil untuk Penanganan Stunting yang paling banyak ingin diduplikasi. Ada 4 desa yang memilih menu ini untuk diterapkan di desa masing-masing" kata Ketut Kardana

Pada Bursa Inovasi Desa para Perbekel juga akan mendapatkan Kartu Ide. Kartu Ide ini dimaksudkan untuk menjaring ide-ide inovasi dari desa-desa di Denpasar Utara. Pada kartu Ide, para Perbekel menuliskan program-program yang dianggap inovatif yang telah dilakukan di desa- masing.

Pada BID kali ini, ada 4 program inovasi yang telah diterapkan di desa di Denpasar Utara  terekam dalam Kartu Ide . Program desa yang dianggap inovatif itu seperti Pengembangan Sorga Desa (Olah Raga Volly) untuk bidang infrastruktur), Pengelolaan sampah plastik melalui bank sampah untuk bidang kewirausahaan, Kerjasama desa dengan rumah sakit dalam kegiatan posyandu dan E-planning Dangin Puri Kangin untuk bidang Sumber Daya Manusia.




Acara BID di kecamatan Denpasar Utara ini dimonitor langsung oleh Tim Inovasi Kota (TIK) Denpasar yang dipimpin Sekretaris TIK Denpasar Ni Nyoman Sukartini, SH

"TIK Denpasar akan menginventarisir ide-ide yang yang terekam dalam kartu ide untuk selalanjutnya dianalisa dan diuji. Bila Ide ini dinyatakan inovatif maka ide ini akan dicapture, selanjutnya bisa dimasukkan kedalam menu bursa tahun berikutnya” kata Sukartini (GR)
Share on Google Plus

About redaksibali.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya