Daftar Pasang Baru Indihome

Gugatan Gerindra Ditolak MK, Demokrat Raih Satu Kursi DPRD Bali dari Dapil Denpasar

REDAKSIBALI.COM - Pembacaan putusan atau ketetapan 260 perkara sengketa Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) berlangsung dari hari Selasa (6/8)  sampai hari Jumat (9/8/). Perkara-perkara itu telah melalui serangkaian tahapan dari registrasi hingga penilaian Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH).

Penetapan hasil rekapitulasi perhitungan suara Pileg 2019 di Bali digugat oleh Partai Berkarya dan Partai Gerindra. Partai Gerindra menggugat hasil rekapitulasi perhitungan suara di Daerah Pemilihan Bali 1 atau Denpasar.

Terhadap gugatan
yang berasal dari Provinsi Bali ini, Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan Permohonan Perkara no 230 dan 247 dengan pemohon Partai berkarya digugurkan. Sedangkan permohonan no Perkara 153 dengan pemohon Partai Gerindra, majelis hakim MK memutuskan ditolak.

Pertimbangan MK menolak perkara  yang di ajukan Partai Gerindra  tersebut karena dalilnya dianggap  tidak beralasan menurut hukum atau  tidak memenuhi syarat formal sehingga permohonan dinyatakan tidak dapat diterima.

MK menilai pemohon  tidak menyebutkan dalil penggelembungan maupun pengurangan suara di TPS mana di Dapil Bali 1 atau Denpasar untuk pemilihan anggota DPRD Propinsi Bali atas nama I Wayan Sudiara.

"Mengadili, menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua Majelis Hakim Konstitusi Anwar Usman saat membacakan amar putusan 
permohonan no Perkara 153 di Jakarta, hari Selasa (6/8).

Terhadap putusan sidang MK ini, Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsajaya mengucapkan syukur  dan terimakasih kepada team yang sudah bekerja dengan baik sehingga KPU  mampu membuktikan bahwa penyelenggara Pemilu sudah bekerja dengan transparan dan jujur pada pemilu 2019 ini.

Dengan ditolaknya gugatan no Perkara 153 dengan pemohon Partai Gerindra di MK, bisa dipastikan satu kursi DPRD Provinsi Bali dari Daerah Pemilihan Denpasar diraih oleh Partai Demokrat.

Untuk perebutan kursi DPRD Provinsi Bali Dapil Denpasar pada  Pileg 2019, berdasarkan perhitungan berjenjang perolehan suara Partai Demokrat  dengan Partai Gerindra terpaut 188 suara saja. Partai Demokrat mempeoleh 17.710 suara sedangkan Partai Gerindra meraih 17.522.

Sedangkan di internal Partai Demokrat, suara tertinggi Calon Legislatif DPRD Provinsi Bali Dapil Denpasar  diraih  oleh Dra. Utami Dwi Suryadi dengan perolehan suara 5.756 pemilih. (GR)



Baca juga

Share on Google Plus

About Ngakan Made Giriyasa

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya