Daftar Pasang Baru Indihome

Indonesia Power Edukasi Siswa SD 3 Saba untuk Lestarikan Penyu

Foto bersama sebelum pelepasan 400 ekor tukik saat acara 'Edukasi Pelestarian Penyu dan Pelepasan Tukik PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Bali Bersama SD Negeri 3 Saba' hari Selasa (10/9) di Pantai Saba, Blahbatuh, Gianyar
REDAKSIBALI.COM - Dari tahun 2014 hingga kini kelompok Saba Asri konsisten melakukan penangkaran tukik (anak penyu). Tertarik dengan upaya pelestarian hewan langka yang diprakarsai I Made Kikik di pantai Saba, Desa Saba, Blahbatuh, Gianyar ini, PT Indonesia Power Unit pembangkitan Bali pun turun tangan memberikan bantuan.

Manajemen Indonesia Power Made Sukarma mengungkapkan sebagai anak perusahaan PLN dibidang pembangkitan, Indonesia Power memiliki komitmen untuk menjaga lingkungan, baik melalui penanaman pohon, maupun kegiatan-kegiatan lain seperti pelestraian penyu di Saba Asri ini.

Selama dua tahun PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Bali membantu kelompok pelestari penyu yang kini dikenal dengan nama Saba Asri Turtle Conservation. Tahun 2017 Indonesia Power membantu pembuatan kolam penetasan beratap yang lebih permanen untuk menghindari kegagalan penetasan tukik.

Selain memberikan bantuan pengadaan dan pemasangan mesin pompa air untuk sirkulasi air di kolam penampungan sementara tukik yang telah menetas, Indonesia Power juga memberikan bantuan pelatihan dan pembinaan manajemen pengelolaan penangkaran tukik ini.

"Tiap tahun tren penetasan telur penyu di Saba Asri terus meningkat, kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri ke tempat ini juga terus meningkat. Ini tandannya apa yang kita lakukan secara bersama sama sudah tepat sasaran" kata Nyoman Kartikaysa bagian Corporate Social Responsibility PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Bali saat acara 'Edukasi Pelestarian Penyu dan Pelepasan Tukik PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Bali Bersama SD Negeri 3 Saba' hari Selasa (10/9) di Pantai Saba.

"Selain sebagai upaya memperkenalkan Saba Asri sebagai kelompok binaan kami, hari ini kami memiliki program mengedukasi siswa SD Negeri 3 Saba terkait penyu sebagai hewan yang dilindungi. Kita perlu memperkenalkan kepada siswa sejak dini terkait penyu yang hampir punah. Dengan demikian anak-anak nantinya lebih paham dan peduli bagaimana menjaga penyu ini agar tetap lestari" sambung Kartikayasa 
Sebelum pelepasan 400 ekor tukik di pantai, acara edukasi yang diikuti oleh oleh 50an siswa kelas 5 dan 6 SD Negeri 3 Saba ini diisi dengan materi pengenalan berbagai hal terkait penyu dan dongeng tentang penyu yang diselingi tanya jawab berhadiah oleh Made Boim dari Kelompok Saba Asri. 

Ketua kelompok Saba Asri Turtle Conservation Made Kikik 
mengaku saat ini kolamnya menampung 7000an tukik yang siap dilepas. Saat ditemui redaksibali.com ia menyampaikan terimakasih atas semua bantuan yang telah diberikan Indonesia Power sehingga upaya pelestarian penyu di Saba Asri dapat terus berlangsung. 
Kepala Sekolah SD Negeri 3 Saba, Blahbatuh, Gianyar, Gusti Agung Ngurah Diastawa, S.Pd mengungkapan bahwa kerjasama Indonesia Power dengan sekolah merupakan hal penting yang dapat menunjang nilai tambah pembelajaran anak didik. 

"Belajar tidak hanya di sekolah, namun juga dapat dilakukan di luar sekolah atau lingkungan sehingga proses pembelajaran yang berpusat pada tri pusat pendidikan itu dapat terlaksana dengan baik" ungkapnya.


Agung Diastawa menyampaikan terimakasih kepada PT Indonesia Power Unit Pembangkitan Bali dan pengelola Saba Asri Turtle Conservation karena telah memberi kesempatan kepada SD Negeri 3 Saba untuk ikut bersama-sama berperan melestarikan penyu.

"Satwa penyu sudah langka dan harus kita pikirkan dan dilindungi bersama sehingga kepunahannya dapat dihindari" katanya.


Agung Diastawa berharap program kerjasama yang melibatkan lembaga pendidikan dan perusahaan sejenis ini patut terus dikembangkan. Pola kerjasama ini bisa menjadi role model bagi instansi lain, selain akan menunjang pendidikkan bagi anak didik juga bermanfaat untuk melestarikan hewan langka yang hampir punah.(GR)
Share on Google Plus

About redaksibali.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya