Daftar Pasang Baru Indihome

Finalkan NPHD Pilkada Badung 2020, KPU Badung Undang Instansi Terkait

Rapat Penyelesaian Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada Serentak Tahun 2020, hari Jumat (27/09/2019 di Kantor KPU Kabupaten Badung

REDAKSIBALI.COM -Menjelang tenggat waktu penyelesaian penyusunan anggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilkada) Badung Tahun 2020, KPU Kabupaten Badung menginisiasi rapat pertemuan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Badung guna membahas rancangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sebelum dilakukan penandatanganan tanggal 1 Oktober 2019 mendatang.

Rapat Penyelesaian Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada Serentak Tahun 2020 dilaksanakan di Kantor KPU Kabupaten Badung, hari Jumat (27/9). Rapat yang dipimpin dan dipandu oleh Ketua KPU Kabupaten Badung, I Wayan Semara Cipta dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Badung, I Putu Parwata Maelea Kusuma, Ketua Bawaslu Kabupaten Badung, I Ketut Alit Astasoma, TAPD terkait seperti Kabag Kesra, Kabag Pemerintahan, perwakilan dari BPKAD, perwakilan Bappeda, perwakilan Kesbangpol, Kabid Hukum dan HAM.

Ketua DPRD Kabupaten Badung dalam pertemuan mengapresiasi baik upaya yang dilakukan KPU Kabupaten Badung yang telah melakukan rapat koordinasi ini dengan turut melibatkan unsur Legislatif, karena bagaimanapun Legislatif bagian dari pemerintahan di daerah selain kepala daerah itu sendiri.

“Ini adalah bentuk transparansi dalam tata kelola pemerintahan yang baik, sesuai dengan Tupoksi dan kewenangan masing-masing, apalagi menyangkut soal anggaran, serta karena sudah dimandatkan oleh undang-undang, dimohon TAPD Kabupaten Badung untuk dapat menyelesaikan proses ini hingga penandatanganan NPHD sesuai waktu yang telah ditentukan,” kata Putu Parwata

Untuk mengejar tenggat waktu batas penandatanganan NPHD yang paling lambat dilakukan tanggal 1 Oktober 2019 nanti, KPU Kabupaten Badung beserta instansi terkait dalam rapat, langsung melakukan pembahasan draf NPHD yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2019 Tentang Pendanaan Kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

"Dengan selesainya dibahas dalam rapat, kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan penyerahan draf NPHD beserta rancanganya untuk ditindaklanjuti sampai dilakukan penandatanganan naskah tersebut" jelas Wayan Semara Cipta.

Audiensi KPU & Bawaslu Badung dengan Sekda Pemda Badung terkait kesiapan menyongsong penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020, khususnya Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Badung yang akan diselenggarakan tanggal 23 September 2020. 
Semara Cipta menjelaskan dari tanggal 3 September 2019 KPU Badung melakukan roadshow audiensi ke beberapa instansi terkait guna membahas kesiapan menyongsong penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020, khususnya Pemilihan Bupati & Wakil Bupati Badung yang akan diselenggarakan tanggal 23 September 2020. 

"Pemda Badung sangat mendukung sehingga rancangan anggaran biaya yang diajukan KPU Badung sebesar 29,2 milyar dan Bawaslu Badung sebesar 8,6 milyar telah disetujui oleh Pemda Badung. Hari ini, (27/9) KPU Kabupaten Badung mengundang instansi terkait untuk menyelesaikan Tata Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pilkada Badung yg akan dilaksanakan tanggal 1 Oktober 2019" lanjut Semara Cipta

Ketua KPU Badung yang sehari hari dipanggil Kayun ini juga mnenjelaskan keseluruhan biaya yang diajukan senilai 29,2 milyar itu mencakup keseluruhan anggaran terkait Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung mulai dari Persiapan, Sosialisasi, Pendataan Pemilih, Pencalonan, Kampanye, Honorarium Penyelenggara Badan Adhoc baik di Kecamatan (PPK) maupun di Desa/Kelurahan yang disebut PPS. Begitu pula mencakup Honorarium Petugas Pemutakhiran Data PPDP dan juga Honorarium Petugas KPPS dan Linmas yang akan bertugas pada hari pencoblosan di masing-masing TPS pada tanggal 23 September 2020 mendatang.

"Selain itu, anggaran terkait kesiapan seandainya adanya gugatan atau sengketa juga telah tercover didalamnya" pungkas Kayun (rls, gr)


Share on Google Plus

About redaksibali.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya