I G N Kesuma Kelakan Sosialisasikan Empat Pilar di Desa Buana Giri, Bebandem, Karangasem

Anggota DPR/ MPR RI I G N Kesuma Kelakan, S.T,M.Si (pegang mikrofon) saat menjadi narasumber pada acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Desa Buana Giri. Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem pada hari Selasa (22/9/2020)

REDAKSIBALI.COM - Sebagai perwakilan masyarakat Bali di tingkat pusat, Anggota DPR/ MPR RI I G N Kesuma Kelakan, S.T,M.Si senantiasa berusaha hadir di tengah tengah masyarakat. Kehadiran seorang wakil rakyat di tengah masyarakat tentu sangat penting. Kehadirannya untuk merasakan denyut nadi kehidupan masyarakat yang kemudian diserap sebagai bagian dari aspirasi masyarakat untuk diperjuangkan di tingkat pusat. Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah  kehadiran wakil rakyat untuk mensosialisasikan program-program yang telah menjadi kebijakan nasional kepada masyarakat di daerah.

Empat konsesnsus nasional yang lebih dikenal dengan isitilah Empat Pilar merupakan salah satu program nasional yang diprogramkan MPR RI untuk selalu disosialisasikan ke tengah-tengah masyarakat. Untuk itu secara berkala seluruh Anggota MPR RI diberi tugas untuk mensosialisasikan empat pilar kebangsaan ini di daerah pemilihannya masing-masing.

“Sosialisasi Empat Pilar merupakan program MPR RI, dimana dasar hukum pelaksanaan program ini yakni UU Nomor 13 tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga Atas Undang-Undang Nomor 17 tahun 2014 tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Peraturan DPR RI Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Tata Tertib. Sebagai anggota DPR RI, saya juga secara otomatis menjadi anggota MPR RI, untuk itu saya juga mendapat tugas untuk mensosialisaikan Empat Pilar Kebangsaan ini,” kata I G N Kesuma Kelakan mengawali percakapannya saat menjadi narasumber pada acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Desa Buana Giri. Kecamatan Bebandem Kabupaten Karangasem, pada hari Selasa (22/9/2020)

“Mengapa Empat Pilar ini perlu terus disosialisasikan, termasuk dalam situasi pandemi Covid-19 ini?,” tanya Anggota DPR/ MPR RI yang akrab dipanggil Alit Kelakan atau Alke ini retoris kepada hadirin.

Secara terperinci kemudian I G N Kesuma Kelakan memaparkan pentingnya esensi dan implementasi empat konsensus nasional yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945), Negara Keasatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika. 

Beberapa hal yang disebut IGN Kesuma Kelakan pada acara sosialisasi itu di antaranya esensi nilai-nilai Pancasila yakni religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan. Sedangkan esensi nilai-nilai UUD 1945 di antaranya demokrasi, kesamaan derajat dan ketaatan hukum. Nilai-nilai NKRI yaitu Kesatuan wilayah, persatuan bangsa dan kemandirian. Sementara dalam Bhinneka Tunggal Ika terkandung nilai-nilai toleransi, keadilan dan gotong royong.

Senada dengan IGN Kesuma Kelakan, narasumber lainnya yakni DR (HC) Ramia Adnyana juga memaparkan pentingnya Empat Pilar ini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebagai narasumber Ramia Adnyana banyak mengulas Pancasila sebagai Ideologi dan Jiwa Bangsa.

Bendesa Adat, Kelian Adat, Kelian Dinas , serta tokoh masyarakat Desa Buana Giri yang hadir mengikuti acara ini dalam sesi tanya jawab tampak menyambut positif dan merasa semakin 'tercerahkan' dengan kehadiran dua narasumber pada acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI ini.

Untuk menghindari cluster baru penyebaran virus corona, acara sosialisasi dilaksanakan dengan mengikuti protocol kesehatan dalam penanganan COVID-19, seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan.(GR)





Share on Google Plus

About redaksibali.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dan Mengandung Unsur Pelanggaran Atas SARA dan Ujaran Kebenciaan akah di hapus tanpa pemberitahuan sebelumnya