10 Februari, Garry Kasparov Kalahkan Deep Blue

10 Februari, Garry Kasparov Kalahkan Deep Blue

REDAKSIBALI.COM – Pada 10 Februari 1996, setelah tiga jam, juara catur dunia Garry Kasparov kalah pada game pertama dari enam pertandingan yang direncanakan melawan Deep Blue. Diperkirakan 6 juta orang di seluruh dunia mengikuti pertandingan ini melalui internet.

Deep Blue  merupakan sebuah komputer IBM yang mampu mengevaluasi 200 juta gerakan per detik. Garry Kasparov akhirnya memenangkan pertandingan itu dengan skor tiga kemenangan, dua seri dan sekali kalah. Kemenangan ini dikenal sebagai kemenangan manusia atas mesin. Kemenangan ini mebuat Garry Kasparov  berhak membawa pulang hadiah $ 400.000.

Kasparov sebelumnya telah mengalahkan Deep Thought, prototipe Deep Blue yang dikembangkan oleh peneliti IBM pada tahun 1989, tetapi dia dan grandmaster catur lainnya, kadang-kadang, kalah dari komputer dalam permainan yang berlangsung selama satu jam atau kurang. Kontes Februari 1996 itu menjadi penting karena pertama kalinya manusia dan komputer bertanding  dengan peraturan setiap pemain memiliki dua jam untuk membuat 40 gerakan, dua jam untuk menyelesaikan 20 langkah berikutnya dan kemudian 60 menit lagi untuk menyelesaikan permainan.

Kasparov, yang lahir pada tahun 1963 di Baku, Azerbaijan, menjadi juara catur junior Uni Soviet pada usia 13 tahun.  Pada tahun 1985, pada usia 22 tahun, juara dunia termuda saat ia mengalahkan pemain legendaris Soviet Anatoly Karpov. Dianggap oleh banyak orang sebagai pemain catur terhebat dalam sejarah permainan, Kasparov dikenal karena gaya permainannya yang berani dan kemampuannya untuk mengubah taktik di tengah permainan.

Pada tahun 1997, pertandingan ulang terjadi antara Kasparov dan Deep Blue yang ditingkatkan. Kasparov memenangkan game pertama, komputer memenangkan game kedua, dengan tiga game berikutnya imbang. Pada tanggal 11 Mei 1997, Deep Blue keluar sebagai pemenang dengan kemenangan keenam yang mengejutkan.

Dikutif dari laman history, pada tahun 2003, Kasparov melawan program komputer lain, “Deep Junior”. Pertandingan berakhir seri. Kasparov pensiun dari catur profesional pada tahun 2005.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *