Opini

Mahabharata, Pergulatan Nara Mencapai Narayana

Masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan cerita Mahabharata. terutama setelah cerita ini berulang kali ditayangkan di televisi nasional. Masyarakat Jawa dan Bali bahkan sudah mengenalnya cerita ini sejak dulu kala.

Sudah banyak tulisan yang mengulas  epos besar ini. Tulisan berikut ini mencoba memberikan cara pandang  berbeda  memahami Mahabharata dari sisi spiritual.

Memahami tanda-tanda spiritual apa yang ditunjukkan oleh karakter Mahabharata akan membantu mengenal makna spiritual halus yang ada dari perumpamaan ini.

Silsilah Korawa dan Pandawa dapat dibaca dan dipahami dengan tepat dalam urutan di mana keturunan diuraikan dari halus menjadi kasar dan turunnya dari manusia ke Adi Shakti (Roh). Menghentikan dan memutar arahnya menuju gerakan ke atas.

Dalam bagan, Shantanu disebut “Parbrahma”; bapak ciptaan, sumber ciptaan dan esensi yang tidak berubah dan transenden, satu-satunya realitas terpenting yang menjadi dasar dari semua makhluk, bentuk dan kekuatan yang telah berkembang dari brahmachaitanya ilahi-Nya. Evolusi pertama. Ekspresi datang dari kecerdasan dan denyutan kreatif yang berdenyut dari mereka; dan kecerdasan yaitu Gangga (istri pertama) dan daya denyut kreatif yaitu Satyavati (istri kedua).

Aspek spiritual Gangga – Chaitanya, Prakriti, Mahaprakriti atau Brahma Chaitanya dibedakan dan diekspresikan dalam delapan jenis kecerdasan. Delapan kecerdasan ini adalah delapan putra Gangga.

Delapan putra – Kootastha Chaitanya atau Adi Shakti yang mahakuasa yang menembus cahaya di partikel alam semesta; enam jenis kecerdasan – tiga perwujudan Brahmandiya (Tribhuvan) dan tiga perwujudan halus (individu) – akal, jasmani dan rohani, dan kesadaran maya.  tastha adalah bayangan Chaitanya.

Ini adalah kesadaran bahwa Chaitanya ada di semua materi individu dan menjadikannya secara spiritual dan energik. Dalam kesadaran ini, substansi itu sendiri adalah kesadaran yang terpisah dari keberadaan penuh yang penuh dengan pikiran, intelek dan kesadaran. Itu adalah “Diri” yang terpisah – ego. , Ego universal adalah dualitas pribadi adishakti; orang yang para dan orang yang bukan para. Itulah ekspresi Bhishma Pitamah-aabha चै a chaitanya-kuruvruddha. Mereka berasal dari awal alam semesta, jadi mereka adalah kakeknya. Dunia telah berkembang, Bisma ada di belakangnya.

Jadi Adishakti berada di alam semesta dengan tujuh kecerdasan Brahmarupi yang dirahasiakan dari tingkat kesadaran umum; tujuh putra yang terkandung di Sungai Gangga itu sendiri. Hanya kecerdasan kedelapan (putra kedelapan-Bhishma) yang diekspresikan di dunia yang membuat naluri kasar pikiran tetap aktif, kemudian juga tidak peduli pada kejadian – tidak disadari. Itulah alasan dia bersumpah pada Bisma. Dia menghormati para Korawa dan Pandawa. Bisma-Ego adalah aristokrat, bukan najis karena hanya personalisasi kesadaran yang dilakukan. Ia berada di bawah pengaruh tubuh dan indera.

Sebagaimana Sungai Gangga adalah simbol spiritual atau pencerahan alam, demikian pula Satyavati adalah simbol materi di alam seperti biji. Dari kebenaran yang sebenarnya, kekuatan yang muncul di masa lalu telah merosot menjadi dunia yang diekspresikan oleh indera-ideologis-getaran! Vyasa adalah manifestasi pertama, karena dvaita untuk pembuahan (laki-laki dan perempuan; Semen-raja) diperlukan, demikian pula untuk “penciptaan” alam semesta, Tuhan harus memberikan relativitas pada kesadarannya, yaitu , untuk memproyeksikan dualitas dari realitas tunggal. “Dvaita” juga harus memiliki kemampuan untuk menganalisis Anubhuti dan Shubha Shubh.

Dua anak lainnya dari Satyavati, Chitrangad dan Vichitravirya – Bahan Benih Ilahi dan Nafsu Ilahi (Ego). Menurut filosofi Sankhya, 24 elemen pertama dari ciptaan disebut kepentingan – Elemen pelihat – pikiran. Itu terfragmentasi menjadi bagian-bagian yang mendasarinya – perumpamaan adalah kematian sebelum waktunya dari Chitrangada. Kematian dini berarti disintegrasi dan manifestasi pertama dari fragmentasi ini adalah – egoisme, I, keibuan. Itu adalah ego ilahi tubuh karena keibuan dan oleh karena itu jiwa. Ini berbeda dengan Adishakti.
Vichitravirya, ego ilahi, memiliki dua istri; Ambika dan Ambalika – hasil diferensiasi kekuasaan.
Ambika adalah seorang skeptis negatif (perasaan tanpa pemahaman), dan Ambalika adalah kemampuan diskriminatif yang positif.

Penurunan lebih lanjut yang terjadi adalah kematian Vichitravirya, yaitu ketidakmurnian ego murni ilahi – transendensi dari kesadaran luhur oleh kesadaran perseptif eksternal. Chitrangada dan Vichitravirya (Mahdattva dan Kesadaran Ilahi) telah pergi; sisanya adalah Vyasa- (kesadaran relatif yang memiliki kemampuan membedakan Subhashubha); tidak ada relativitas sebelum Vyasa, yaitu Satyavati (alam material).

Karenanya sekarang keruntuhan lebih lanjut. Vyas adalah ayah dari Dhritarashtra melalui Ambika; yaitu, ketika keraguan negatif mengganggu kemampuan diferensial Shubhashubha (Vivek), maka Dhritarashtra (Manas) muncul. Manas buta karena dia telah kehilangan Vivek. Vivek Pandu (Kebijaksanaan) juga menjadi ayah melalui Ambalika.
Duryodhana (Vrittabhimani Nafsu) dan sembilan puluh sembilan saudara laki-lakinya lahir dari Dhritarashtra (buta manas) istri pertama Gandhari (ibu nafsu – kekuatan mereka

Istri kedua Dhritarashtra, Waisya (kemelekatan-keinginan keinginan), menghasilkan putra lain, Yuyutsu (keinginan untuk melawan perang psikologis). Yuyutsu memihak Pandawa dalam perang Mahabharata.

Pandu, aspek positif budi, kecerdasan, kehati-hatian, memiliki lima putra; lima anak laki-laki, yaitu lima elemen yang merupakan indikator dari segala sesuatu; bumi, air, api, udara dan langit. Ini bukanlah lima elemen yang dijelaskan sains. Ada daya denyut halus yang melaluinya ciptaan mengekspresikan dirinya. Kelima elemen ini diekspresikan dalam lima cakra sumsum tulang belakang dan memelihara tubuh manusia. Kelima elemen ini memberikan kekuatan spiritual halus ke sumsum tulang belakang dan memberi yogi kekuatan ilahi. Apakah penyedia.

Tiga putra pertama berasal dari Kunti (Anasakti); Anasakti hanya bisa memohon kepada para dewa, para dewa pengendali penciptaan. Yudhishthira – “kedamaian ilahi” dan getaran langit (chakra yang dimurnikan), berasal dari Dharma. Bhima lahir dari Vayu (Prana Shakti) (Anahata Chakra, dan Arjuna – pengekangan ilahi dan elemen api (Manipur Chakra) yang berasal dari Indra.

Putra kembar dengan istri kedua Madri (kekuatan yang melekat pada Anasakti), Nakula-Laganata (Swadhisthana Chakra) -elemen air yang pasif dan Sahadeva-kekebalan (unsur tanah) Cakra Muladhara.

Susunan tubuh manusia juga menunjuk pada perumpamaan bahwa lima Pandawa lahir dari dua ibu, meskipun para dewa dipanggil oleh Kunti. Merudand kami menunjukkan kedudukan ketiga putra Kunti dari Medulla hingga Manipur. Saraf tulang belakang dari Manipur. Melalui tuches, mereka turun ke pangkalan. Tempat ini menunjukkan posisi Nakula-Sahadeva. Fakta ini juga penting dari sudut pandang spiritual. Meskipun kelima chakra penting untuk kehidupan dan kesadaran dalam tubuh dan otak, tiga chakra di atas adalah seeker. Berperan penting dalam meditasi. Dua chakra di bawah ini menginspirasi upaya spiritual (mumuksa) manusia – sangat membantu.

Dropadi, istri dari lima Pandawa, kekuatan biografi tubuh, yang berpusat di sumsum tulang belakang. Dropadi adalah Kundalini total. Hanya Kundalini yang memancarkan kekuatan spiritual di cakra-cakra yogi tingkat lanjut, yaitu keturunan dari lima Pandawa. Dropadi menikah dengan lima Pandawa. Jadi di sinilah dialog antara Tuhan dan Arjuna dimulai; Kesadaran diri manusia (nunnyakash) telah menurun beberapa langkah dan jatuh ke dalam bodhichaitanya (chidakash). Baik indera, pikiran buta, dan hati nurani ada di dalam tubuh ini. Perang sedang berlangsung terus menerus (Mahabharata) – antara indera dan hati nurani.

Dalam Mahabharata, permainan judi adalah permainan ilusi. Dalam ilusi ini, pengabdian manusia dilimpahkan, yaitu, ada gerakan ke bawah menuju materi. Dalam lekuk yang mempesona ini, orang tersebut memiliki seluruh tubuhnya, harga diri. Pada klaim tersebut, indera tergoda untuk menentang. Serangannya pasti. Akhirnya, manusia diusir dari pemerintahan sendiri.

Perkembangan indera manusia dan energi vital serta tubuh di masa kanak-kanak adalah dengan kesadaran diri yang alami. Tetapi dengan datangnya pubertas, hasrat seksual juga muncul; Ritual pra kelahiran juga mulai menimbulkan gangguan pada tubuh. Naluri masa kecil yang naif membuat indra memaksa perjudian delusi. Akhirnya Viveka diusir seperti pecundang.

Setelah bertahun-tahun kenikmatan indria, setelah banyak rintangan, keterikatan ego manusia terganggu. wiweka dan asistennya sekali lagi mencoba mendapatkan kembali pemerintahan sendiri. Jika kebiasaan buruk berakar maka kemauan mandiri kembali ke 12 tahun (mundur dalam evolusi). Dibutuhkan 12 tahun untuk kebiasaan baru yang baik, pikiran yang mulus dan perubahan mental. Jadi dibutuhkan 12 tahun untuk pertumbuhan spiritual halus. Dalam 12 tahun, ada kemajuan halus di otak dan butuh jutaan tahun bagi otak manusia untuk berkembang dan sempurna sepenuhnya. Tetapi dengan latihan Kriya Yoga, kecepatan perkembangan ini bisa sangat dipercepat.

Tahun ketiga belas pengasingan Pandawa adalah tahun pengasingan yang tidak diketahui; itu juga simbolis. Tahun ketiga belas adalah meditasi Samadhistha di mana para pencari mengumpulkan kemampuan diferensiasi ilahi dari jiwanya dan akhirnya menyatu dengan Atma Raja (Parbramha) yang hilang.

Dengan cara ini, Gita menjelaskan bagaimana Sadhaka-Pandawa menghabiskan 12 tahun bermeditasi dan tahun ke-13 dalam samadhi untuk mengatasi tubuh dan godaan indera dan mencapai keadaan hilang (realisasi diri)! Jadi para pencari harus bertarung dengan bantuan Shri Krishna, yang merupakan Chaitanya atau Guru yang telah terbangun di sini.

Pandawa (hati nurani pencari) dan Korawa (nafsu) berhadapan langsung di medan perang (Kurukshetra) tubuh.
100 Korawa (lingkaran indera negatif) adalah pejuang yang ganas dan berbagai bentuknya seperti – keinginan fisik, kemarahan, daya tarik, kebencian, gangguan, seks, kejahatan, tipu daya, kekejaman, ucapan pahit, ketidaksabaran, keegoisan, rakus, kesombongan, ketidaktahuan, kemalasan, Kebodohan, kepengecutan, kecemburuan, kejahatan balas dendam, seksualitas, cemoohan meditasi, tidak menghormati Tuhan, rabun jauh, ketidakjelasan, kata-kata kotor, pikiran sempit, tidur, keberpihakan, ketidakpuasan, dan lainnya

Putra-putra Manas yang mewah ini hanya memberikan keresahan, anarki, dan penderitaan. Sadhak harus mengalahkan para Korawa ini dengan bermeditasi.

Setiap pencari harus melawan Mahabharata-nya sendiri. Tidak dapat dipungkiri untuk memenangkan perang ini hanya dengan demikian para pencari dapat bergerak naik dari Nara  ke Narayan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *