Portal Info Berita Bali Terlengkap, Terbaru, dan Terupdate – Media Online

Manfaatkan Lahan Kosong, Desa Bongkasa Menuju Desa Mandiri Pangan

REDAKSIBALI.COM – Langkah  nyata  dilakukan  Pemerintah Desa Bongkasa  kecamatan Abiansemal , Badung  untuk menunjang kesejahteraan masyarakat desa dengan memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami  tanaman palawija.

Keberhasilan Pemerintah Desa Bongkasa memanfaatkan lahan kosong itu dibuktikan dengan  dilakukannya  panen raya  perdana palawija seperti  jagung, ketela pohon, ketela rambat,  dan kacang, pada hari Jumat  (30/4/2021).

Hasil panen yang melimpah ini kemudian dibagikan kepada masyarakat sekitar, khususnya kepada penyandang disabilitas dan mereka yang menderita penyakit menahun. Ini  sebagai bentuk perhatian pemerintah desa dan hasil nyata dari program ketahanan pangan Desa Bongkasa .

“Pada kesempatan yang baik ini saya selaku Perbekel sangat berbangga dan berbahagia, sebab Kita sudah bisa bersinergi dan berkolaborasi untuk menuju Desa yang Mandiri Pangan di masa pandemi covid-19,” kata  Perbekel Desa Bongkasa I Ketut Luki disela acara panen raya.

Perbekel Desa Bongkasa I Ketut Luki bersama perangkat desa menyerahkan hasil penen palawija kepada salah satu warga desa

“Panen Raya ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu sebab ini adalah bukti kinerja serta usaha kita selama ini untuk memanfaatkan lahan kosong sehingga mampu dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan. Serta Saya mengucapkan terima kasih dan sekaligus mengapresiasi semua pihak yang sudah turut serta dalam kegiatan ini, Saya berharap semoga melalui kegiatan ini bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat,”  sambung  Ketut Luki

Untuk menghindari cluster baru penyebaran covid-19, panen raya yang dikuti kepala BPP kecamatan Abiansemal, PPL, pendamping desa, Babinsa Bhabinkamtibmas dan  komponen masyarakat  lainnya  dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. (*ros)