BeritaPendidikan

Mahasiswa Asal Timur-Leste Raih Lulusan Terbaik di FP Unwar

REDAKSIBALI.COM -Mahasiswa asal Timur-Leste, Rosito Da Costa Freitas ditetapkan sebagai mahasiswa terbaik dalam Yudisium Sarjana LXV, Periode II Tahun 2021, Fakultas Pertanian (FP), Universitas Warmadewa (Unwar) yang diselenggarakan di Denpasar pada Jumat (21/5).

Rosito ditetapkan sebagai lulusan terbaik setelah mampu menyelesaikan pendidikan selama 3 tahun, 7 bulan dengan IPK 3,59.
Pria kelahiran Baucau, Timur Leste tahun 1992 tersebut dinyatakan lulus setelah menyelesaikan tugas akhir dengan judul ‘Struktur Komunitas Bulu Babi (Echinoidea) Pada Ekosistem Padang Lamun di Perairan Pantai Batu Jimbar, Sanur, Denpasar’.

Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 8 jenis bulu babi yang terdiri atas 4 famili yaitu famili Diadematidae (Echinothrix calamaris, Diadema setosum, Diadema savignyi dan Diadema palmeri) famili Toxopneustidae (Tripneustes gratilla dan Pseudoboletia maculata) famili Echinometridae (Echinometra mathaei) dan famili Stomopneustidae (Stomopneustes variolaris).

Rosiito mengakui selama menjalani masa perkuliahan di Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan (MSDP), FP Unwar mendapatkan ilmu yang sangat aplikatif dengan kondisi lapangan. Dimana ilmu yang didapatkan nantinya akan diimpelentasikan di kampung halaman di Timur Leste.

“Apa yang saya dapatkan di Fakultas Pertanian, Unwar ini, khususnya ilmu konservasi kelautan akan saya sumbangkan untuk pengembangan konsepnya di Timur Leste. Apalagi teori dan keahlian yang diberikan sangat impelementatif” kata Rosiito.

Rosito berharap keberhasilan yang diraih akan menjadi contoh dan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon mahasiswa asal Timur Leste untuk kuliah di Fakultas Pertanian, Unwar. Apalagi selama ini dosen yang ada memiliki kapasitas yang baik dan sarana-prasarana pendungkung cukup memadai.

Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Warmadewa Ir. Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb menyampaikan keberadaan mahasiswa asal Timur Leste yang kuliah di Fakultas Pertanian, Unwar menunjukkan bahwa Fakultas Pertanian, Unwar diakui oleh Negara lain. Selain itu juga dipandang sebagai lembaga yang kredibel.

“Ini artinya ada kepercayaan kepada lembaga kita dan ternyata kredibel dalam rangka menciptakan lulusan yang berkualitas” ujar Sadguna.

Sadguna berharap mahasiswa asal Timur Leste tersebut mampu mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di negaranya. Jika hal ini berhasil secara tidak langsung akan menjadi promosi bagi Fakultas Pertanian, Unwar karena lulusannya mampu berkontribusi bagi pembangunan di Timur Leste. (ml)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *