BeritaDaerah

Lansia Dikabari Hilang di Lemukih, Basarnas Lakukan Pencarian

REDAKSIBALI.COM – Seorang lansia bernama Luh Kardi (75) dikabarkan hilang di sekitar kebun dekat dengan Air Terjun Grombong, Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali Selasa (28/9/2021). Namun pihak keluarga korban baru melaporkan kejadian tersebut kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar (Basarnas Bali) pada Jumat (1/10/2021).

“Kita terima informasi dari Bapak Bayu Waringin, keluarga korban sekira pukul 13.00 Wita, bahwa salah satu anggota keluarganya belum kembali dari pergi berladang di sekitar kawasan Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Buleleng” kata Kepala Basarnas Bali, Gede Darmada dikutip Sabtu (2/10/2021).

Sebelum kejadian, keponakan Luh Kardi bernama Komang Ari Gunawan sempat membawakan makanan. Setelah sampai di rumah Luh Kardi, Komang Ari Gunawan tidak menemukan keberadaan neneknya.

Kemudian keluarga korban melakukan pencarian secara mandiri. Seorang warga sempat melihat keberadaan Luh Kardi, namun saat itu warga hendak kembali ke gubuknya, usai keluar dari gubuk warga tersebut sudah tidak melihat lagi keberadaan Luh Kardi.

Darmada menjelaskan, saat ini pihak Basarnas Bali melalui Pos SAR Buleleng telah melakukan upaya pencarian dan pertolongan terhadap korban.

“Kami juga telah menugaskan satu orang rescuer untuk turun ke dasar jurang yang diperkirakan oleh warga setempat sebagai lokasi jatuhnya korban, petugas harus turun menggunakan teknik lowering karena kedalaman jurang mencapai 40 meter,” jelasnya.

Upaya pencarian juga turut melibatkan beberapa unsur SAR lain di antaranya Polsek Sawan, BPBD Kabupaten Buleleng, Babinsa Desa Lemukih, Babinkamtibmas Desa Lemukih, Potensi SAR Radio115 serta aparat desa dan masyarakat setempat.

Hingga pukul 18.00 Wita upaya pencarian terhadap korban belum juga membuahkan hasil. Pencarian rencananya akan dilanjutkan pada hari berikutnya dengan pengerahan personil dan peralatan mountenering lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *