Portal Info Berita Bali Terlengkap, Terbaru, dan Terupdate – Media Online

Lelang Karya NFT di Acara HDCI, Ilustrasi Pande Juliadi dan Raka Jana Jadi Rebutan

REDAKSIBALI.COM – Sebanyak 18 ilustrasi karya ilustrator Bali dipamerkan pada acara “Berkibarlah Benderaku” yang diselenggarakan oleh Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) di Merusaka, Nusa Dua, Bali pada 25-27 November 2021. Tiga dari seluruh karya yang dipamerkan tersebut adalah karya tiga maestro ilustrasi Bali yakni Pande Juliadi, Monez, dan Dewa Gede Raka Jana Nuraga. Selebihnya adalah karya terpilih dari puluhan yang terjaring pada kompetisi ilustrasi yang digelar sebelumnya. Oleh panitia, seluruh ilustrasi yang dipamerkan itu didaftarkan sebagai aset Non Fungible Token (NFT) di Baliola.com.

Di akhir pameran, karya-karya itu dilelang di hadapan ratusan penggemar Harley Davidson dari seluruh Nusantara yang hadir pada gelaran tersebut.  Hanya dalam dua jam seluruh ilustrasi itu terjual habis dengan nilai sebesar Rp29 juta atau setara dengan 2000 Kepeng. Kepeng sendiri merupakan aset kripto yang digunakan sebagai alat barter terhadap aset NFT dari karya-karya seni yang didaftarkan di Baliola.com.

Gelaran “Berkibarlah Benderaku” sejatinya merupakan acara gathering member HDCI untuk membantu memulihkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Bali.  Hadiri pada acara itu ribuan bikers dari 68 Pengcab dan Pengda di seluruh Indonesia. Adapun lomba dan pameran ilustrasi yang diselenggarakan pada acara tersebut merupakan satu dari beberapa acara pada ajang tersebut yang semangatnya adalah turut membangkitkan industri kreatif di Bali.

“Ini adalah bentuk kepedulian dan sumbangsih HDCI terhadap industri kreatif yang oleh Pemerintah Pusat digadang-gadang sebagai industri alternatif untuk meningkatkan pendapatan negara,” papar I Putu Yuliartha, Ketua Pengcab HDCI Denpasar yang banyak terlibat dalam mempersiapkan acara tersebut.

Biker yang akrab disapa Putu Lengkong itu menambahkan, pada acara tersebut HDCI menggandeng Baliola.com untuk memperkenalkan kepada publik mengenai NFT sebagai aset token yang diperkirakan akan marak dalam bisnis kreatif di masa depan.

“Ini merupakan implementasi dari tujuh nilai dalam landasan spiritual HDCI yang digariskan oleh Pengurus Pusat kami,” tegas Lengkong. ***

%d blogger menyukai ini: