Portal Info Berita Bali Terlengkap, Terbaru, dan Terupdate – Media Online

TPS3R Desa Sidakarya Mulai Dibangun, Khusus Tangani Sampah Anorganik

REDAKSIBALI,COM  – Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa menyatakan pemerintah kota Denpasar sangat berkomitmen mengatasi masalah sampah dan kebersihan kota.  Mengingat sampah bisa menjadi bencana, apalagi ada rencana diberhentikannya operasional Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung tahun 2022 mendatang.

Komitmen itu disampaikan saat acara peletakan batu pertama pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R) yang berlokasi di  Dusun Kerta Dalem,  Desa Sidakarya, Denpasar Selatan pada Selasa (2/11)

Dalam upaya mengatasi masalah sampah dan kebersihan kota, Pemerintah Kota Denpasar  pada anggaran perubahan tahun 2021 memperoleh Dana Alokasi Khusus Cadangan   (DAK Cadangan)  sebesar 34 Milyar dari pemerintah pusat.  Dana ini rencananya  dipergunakan untuk membangun TPS3R  di 11  titik.

Wakil Wali Kota Denpasar , Kadek Agus Arya Wibawa  menyampaikan dari 34 Milyar yang dianggarkan, tahun ini bisa direalisasikan 14 milyar. Tahun 2022 Pemerintah Kota berupaya menggenjot pembangunan TPS  di 15 titik dengan anggaran 20 M dan  tambahan dana DAK, termasuk pembangunan  Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST)

Kadek Agus Arya Wibawa  berharap TPS3R bisa menyelesaikan sampah desa sehingga tidak membebani desa lain. Disampaikannya pula komitmen Pemerintah Kota untuk  menyelesaikan persoalan lahan yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat.

Perbekel Desa Sidakarya Wayan Madrayasa, SH  menyambut baik pembangunan  TPS3R di desanya.  Menurutnya  hal ini sesuai dengan visi desa  Sidakarya BERSEMI, yakni berbudaya, sejahtera, maju dan  inovatif. . Terkait dengan pengelolaan sampah, desa Sidakarya sudah berpengalaman  melaksanakan swakelola  sampah sudah sejak tahun 200an . Program TPS3R merupakan gayung bersambut dengan  program Desa Sidakarya yang bersih kedas

Wayan Madrayasa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar  dan Gubernur Bali yang  telah memberikan lahan seluas 10 are untuk lokasi TPS3R.  Pada tahun anggaran perubahan 2021 dan tahun anggaran 2022 Desa Sidakarya melalui APBDes juga  sudah menganggarkan membentuk Pembina Bank Sampah  di 12 Wilayah (dusun) . Dirinya juga berkomitmen terus akan melakukan pembinaan pemilahan sampah melalui sumber.

Dijelaskannya pula dalam pembangunan TPS3R ini, desa menjadi pelaksana pembangunan dengan membentuk KSM (kelompok Swadaya Masyarakat)

Perbekel Desa Sidakrya Wayan Madrayasa, SH (kiri) dan Ketua KSM Bumi Sudha Prakertih, I Kadek Budi Prasetya, SH, MH saat acara peletakan batu pertama pembangunan TPS3R oleh Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa pada Selasa (2/11)

Ketua KSM Bumi Sudha Prakertih, I  Kadek Budi Prasetya, SH, MH yang menangani pembangunan TPS3R di Dusun Kerta Dalem,  Desa Sidakarya menyatakan TPS 3 yang sedang dibangun ini  direncanakan bisa mengelola 7-8 ton sampah anorganik. perhari,

Kenapa  dikhususkan untuk sampah anorganik  Kadek Budi Prasetya menjelaskan sebelumnya  Desa Sidakarya sudah memiliki depo di Jalan Mertasari. Depo ini  akan dikhususkan untuk pengelolaan sampah organik. Depo ini dalam tahun anggaran 2021 memperoleh bantuan revitalisasi berbagai alat penunjang mengolah sampah organik. Karena itu untuk TPS 3R yang sedang dibangun di dusun Kerta Dalem  diperuntukkan mengelola sampah anorganik.

Kadek Budi Prasetya menuturkan KSM dibentuk oleh desa dengan SK dari PUPR Denpasar, tugasnya mulai dari perencanaan, proses pembangunan hingga penyerahan bangunan dan fasilitas penunjang lainnya.

Terkait dengan akses masuk dan tanah untuk lokasi TPS 3R dirinya menyatakan sudah  berkoordinasi dengan pihak terkait, baik dengan PUPR Kota Denpasar,  BPKAD Provinsi,  BPKAD kota, BPN Kota Denpasar , pengembang, dan lainnya sehingga keabsahan lokasi TPS3R sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat Sidakarya sehingga program ini labda karya  berjalan dengan baik mengingat masalah sampah ini merupakan masalah bersama,” harapnya (GR)

%d blogger menyukai ini: