BeritaNasional

Tak Ingin Ada Generasi yang Hilang, Kesuma Kelakan Sosialisasikan 4 Pilar Dikalangan Pemuda

REDAKSIBALI.COM – Tak Ingin Ada Generasi yang Hilang, Kesuma Kelakan Sosialisasikan 4 Pilar Dikalangan Pemuda. Sebagai pewaris perjuangan bangsa, maka manusia Indonesia saat ini seharusnya dapat menghargai apa yang telah ditetapkan dan disepakati oleh founding fathers negara bangsa Indonesia yang dikenal dengan sebutan 4 Pilar yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai sesuatu yang harus dijunjung tinggi oleh semua elemen bangsa, dengan cara memahami esensinya lalu diimplentasikan dalam kehidupan nyata.

Demikian disampaikan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) I G.N Kesuma Kelakan, S.T., M.Si saat menjadi narasumber pada acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Desa Pemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Barat, Bali, pada Minggu (27/3/2022)

Dihadapan peserta sosialisasi yang rata-rata berusia muda, Kesuma Kelakan yang mendapat penugasan di  Badan Pekerja MPR RI mengungkapkan pemuda harus mengambil posisi terdepan dalam mengatasi persoalan-persoalan yang terjadi di tengah masyarakat. Terdepan pula menyuarakan kritik yang membangun, kepada pemerintah dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

baca juga : 

“Pemuda harus mempersiapkan diri dalam segala hal, juga membangun kesadaran bahwa dengan mampu menjaga citra pemuda sudah merupakan bagian dari menjaga negara ini dari keterpurukanan. Tentunya juga dengan memperkuat identitas kita sebgai Bangsa Indonesia. Hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh pemuda yakni bahwa Pancasila. Pancasila telah merumuskan semua pengalaman, pandangan hidup dan harapan bangsa,” ujar anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI ini penuh semangat.

Suasana dialog saat acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang menghadirkan anggota MPR RI  I G.N Kesuma Kelakan, S.T., M.Si sebagai Narasumber di Desa Pemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Barat, pada Minggu (27/3/2020)

Ditanya mengapa memilih pemuda sebagai sasaran sosialisasi saat ini, Wakil Gubernur Bali periode 2003-2008 ini menjelaskan membangun kesadaran berbangsa dan bernegara kepada pemuda merupakan hal penting yang tidak dapat dilupakan oleh bangsa ini, Karena pemuda merupakan penerus bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari perjalan panjang bangsa ini. Kita tentu  tidak ingin ada lost generation, tidak ada generasi yang hilang  Dengan Meningkatkan pemahaman arti sadar berbangsa dan bernegara  pada  pemuda, kita berharap  akan muncul pemuda yang lebih kreatif  dalam menerapkan hakekat kesadaran berbangsa dan bernegara.

“Untuk menjadi bangsa yang besar, bangsa Indonesia harus menanamkan sikap nasionalisme sejak dini, sejak kecil, atau sejak masa sekolah dasar. Karena jika sikap nasionalisme terlambat diimplementasikan kepada bangsa Indonesia, bangsa Indonesia akan kehilangan generasi muda. generasi muda kita akan  rendah sikap nasionalismenya,” ungkap Kesuma Kelakan yang juga Ketua DPD PA GMNI Bali

“Untuk menambah rasa nasionalisme, maka  bangsa Indonesia termasuk  Pemuda  dilatih hal-hal baik  yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini, dan memberi penyuluhan kepada seluruh bangsa Indonesia akan pentingnya nasionalisme terhadap masa depan bangsa Indonesia,” pungkasnya

Selain dihadiri tokoh pemuda, acara Sosialisasi 4 Pilar MPR RI  juga dihadiri  anggota Fraksi PDI Perjuangan di  DPRD Kota Denpasar AA Putu Wibawa, tokoh masyarakat Desa Pemecutan Kelod (GR).

 

Siplah Umah IT
Umah IT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *