BeritaNasionalPendidikan

BKSDA Sumsel Evakuasi Satwa Dilindungi Jenis Kukang

REDAKSIBALI.COM -Berawal dari informasi Call Center Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel) pada Rabu (27/4) terkait penemuan satwa dilindungi jenis kukang (Nycticebus coucang) di Desa Muara Tawi Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat, Tim RKW VI Gumai segera menindaklanjuti laporan tersebut. Tim segera menuju lokasi penemuan dan bertemu langsung dengan Bapak Roliansyah selaku pelapor.

Berdasarkan informasi yang didapat, pada hari Selasa (26/4) pukul 19.00, Bapak Roliansyah menemukan kukang  pada kabel listrik depan rumahnya dan langsung mengamankan satwa tersebut. Kemudian esoknya, beliau menghubungi Call Centre untuk menyerahkan kukang. Kondisi kukang dalam keadaan sehat saat diserahkan ke Tim RKW VI Gumai.

Setelah tim selesai melakukan pengecekan kondisi fisik satwa kukang  segera dilakukan penandatanganan serah terima satwa dari Bapak Roliansyah ke RKW VI Gumai. Kemudian pada hari Kamis (28/4), Tim RKW VI Gumai membawa satwa tersebut ke kantor SKW II Lahat. Saat ini, satwa kukang (Nycticebus coucang) tersebut telah dilepasliarkan di HSA/PLG KH Isau-isau.

Kukang (Nycticebus coucang) termasuk dalam daftar satwa yang dilindungi berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2018. Berdasarkan status konservasi International Union for Conservation of Nature (IUCN), kukang masuk dalam klasifikasi terancam (Endangered). Sementara berdasarkan status CITES, satwa ini termasuk dalam Appendix I.

Menurut Kepala BKSDA Sumsel, Ujang Wisnu Barata, kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk tidak memelihara hewan dilindungi semakin meningkat.

“Ketika ada penemuan satwa dilindungi di sekitar tempat tinggal masyarakat, mereka segera melaporkannya ke Call Centre BKSDA Sumsel. Saya sangat mengapresiasi masyarakat yang secara sukarela telah menyerahkan satwa-satwa tersebut,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *