Portal Info Berita Bali Terlengkap, Terbaru, dan Terupdate – Media Online

KONI Mapekeling untuk Kesuksesan Porprov Bali XV

REDAKSIBALI.COM – Lantunan mantra yang diiringi suara genta dari Jro Mangku memecah keheningan suasana Pura Tegal Suci Pagenian, Banjar Asoka (Putung), Desa Besakih, Rendang Karangasem. Suasana persembahyangan pun berlangsung dengan khusuk pada Sabtu (15/10) pagi sekitar pukul 10.30 WITA.

Alam pun seolah-olah merestui permohonan doa dari rombongan KONI Bali yang melakukan ‘mapekeling’ pada Saniscara Wage Dukut itu. Mengingat, pada musim penghujan ini, di pura ini cuaca cukup cerah dengan gugusan awan putih yang berbaris rapi di langit biru. Matahari kala itu bersinar terang.

Ya, rombongan KONI Bali yang dipimpin Ketua Umum KONI Bali Ngurah Oka Darmawan yang juga Ketua Pelaksana Porprov Bali XV, didampingi para Wakil Ketua dan Ketua Bidang Porprov melakukan persembahyangan bersama dengan dasar hati yang tulus ikhlas.

Tampak dalam persembahyangan itu, Waka II Bidang Administrasi Nyoman Budi Adnyana, Waka III Bidang Acara dan Humas Made Rentin, Ketua Bidang Acara Gusti Ngurah Susrama Putra, dan hadir juga Ketua KONI Kabupaten Karangasem.

Rombongan memohon anugerah dari Sang Pencipta untuk api suci Porprov pada bulan November mendatang. Sementara itu, untuk prosesi upacara dan upakara (banten) direncanakan pada Sukra Pon Kulantir, Jumat 18 November 2022.

Oka Darmawan pun mendaku sempat merasakan getaran aura suci (kundalini) yang begitu kuat. “Nggih, tiang merasakan getaran luar biasa. Semoga ini pertanda baik, agenda kita mendapat restu,” harap Oka Darmawan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Oka Darmawan menyampaikan Porprov Bali akan dilaksanakan dan dibuka pada tanggal 20 – 27 November 2022. Namun sebelumnya, sudah ada beberapa cabor yang bertanding. Karena memerlukan waktu yang cukup panjang.

Dikatakan, Porprov ini dilaksanakan dengan sistem gotong-royong. Yakni dilaksanakan di Kabupaten/Kota, dan dikoordinasikan Pemerintah Provinsi Bali melalui KONI Bali.

Disebutkan, ajang ini diikuti 41 cabor dengan 50 kecabangan, 550 nomor yang dipertandingkan dengan jumlah atlet mencapai 4.300 orang. Dan Kota Denpasar paling banyak mengirimkan atlet dan disusul Kabupaten Badung.

Oka Darmawan juga menyampaikan, seharusnya Porprov dilaksanakan pada tahun 2021. Namun karena adanya situasi dan kondisi pandemi Covid-19, dan juga berkat arahan serta kebijakan Gubernur Bali, maka Porprov dilaksanakan tahun 2022.

Dia menambahkan, tahapan dalam Porprov ini juga melibatkan masyarakat. Pada tanggal 18 November akan dilaksanakan kirab Api Porprov dari Pura Besakih. Kemudian menuju Karangasem, Klungkung, Gianyar, Bangli, dan Singaraja.

“Menginap satu hari di Singaraja pada tanggal 18 November malam. Besoknya (19 November) lanjut menuju Jembrana, Tabanan, Badung, dan Denpasar. Api Porprov juga akan disemayamkan di Jayasabha,” bebernya.

Pihaknya berharap, Porprov Bali sukses penyelenggaraan, dan sukses prestasi. “Para Ketua KONI Kabupaten/Kota juga partisipasinya sudah baik sekali,” pungkasnya.(*)